Wednesday, November 25, 2009

Mahasiswa dan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Mahasiswa..

Pendidikan..pengabdian masyarakat..penelitian..

3 hal yang merupakan tri darma perguruan tinggi..

Yup..3 hal itulah yang selayaknya dimiliki oleh setiap insan di perguruan tinggi. Lalu kita? Kita ini mahasiswa, menuntut ilmu di perguruan tinggi. Mau tidak mau kita pun tak akan bisa lepas dari tri dharma perguruan tinggi tersebut. Semua perguruan tinggi mempunyai tri dharma tersebut.

 

Pendidikan..

Itu semua yang menjadi tujuan utama kalian semua ada di sini pastinya, mendapat ilmu secara teoritis melalui kuliah yang diberikan oleh dosen yang pengalaman ilmunya lebih banyak dari pada kita, atau mungkin dari buku-buku textbook yang semuanya ditujukan untuk pemahaman kita akan suatu ilmu. Bisa kita sebut pendidikan ini merupakan ajang pencarian ilmu di perguruan tinggi ini.

 

Pengabdian masyarakat..

Ini kurang di rasa oleh semuanya. Sebenarnya pendidikan yang kia geluti dalam rangka mencari ilmu memperkaya khasanah diri kita itu tak ubahnya adalah langkah awal untuk memberi ke yang lain, mengabdikan diri kita untuk masyarakat sekitar. Untuk apa ilmu kita kalau hanya untuk sebuah gelar, jika sama sekali tidak memberikan guna untuk orang lain. Ilmu akan bermanfaat jika kita mengaplikasikannya dengan sebaik-baiknya dan dapat bermanfaat untuk orang banyak. Inilah yang harus kita tanamkan baik-baik bahwa ilmu itu bukan hanya untuk kita, tapi ilmu itu hak yang lainnya juga, seluruh masyarakat pun berhak untuk mendapatkan efek dari ilmu itu. Sebagai mahasiswa yang merupakan insan perguruan tinggi, sudah selayaknya kita amalkan tri dharma perguruan tinggi ini. Sepenuhnya kita aplikasikan ilmu kita untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik. Misal kita sebagai mahasiswa kedokteran maka mengabdilah untuk masyarakat dengan menjadi dokter yang baik dan memberikan yang terbaik untuk kesehatan masyarakat yang lebih baik lagi.

 

Penelitian..

Inilah yang bahkan tak semua insan perguruan tinggi menyadari akan salah satu wujud tri dharma perguruan tinggi yang satu ini. Tidak semua ingin untuk melakukan penelitian. Penelitian ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang sifatnya sangat luas sehingga perlu diperhatikan. Kalau pengabdian masyarakat kita mengabdi pada orang per orang sedangkan penelitian ini bisa memberikan efek  pada seluruh masyarakat dalam lingkup besar, satu negara misalnya bahkan bisa satu dunia ini bisa mendapatkan efek dari penelitian yang kita temukan. Mahasiswa harus menyadari peran ini dan memberikan yang maksimal. Meneliti harus dilakukan tulus dari lubuk yang paling dalam demi terciptanya suatu sistem hidup yang lebih baik. Sebagai mahasiswa S1 mungkin kita baru bisa penelitian yang amat sederhana, tapi itu merupakan langkah awal untuk menuju sebuah penelitian yang luar biasa. Meneliti pun tidak harus dalam skala yang besar, dalam skala kecil pun tetap bisa terplikasikan jika teruji dengan baik. Penelitian ini pun dalam rangka untuk menemukan ilmu baru yang lebih efektif dan efisien dari sebelumnya.

 

Sebagai mahasiswa, salah satu anggota dari civitas perguruan tinggi, sudah selayaknya menyinkronkan ketiganya dan menanamkan dalam diri bahwa tugas seorang mahasiswa tidak hanya di akademisi, tapi juga berperan dalam dunia sosial langsung terjun pada masyarakat, juga dalam dunia research sebagai alat untuk menemukan ilmu baru yang melengkapi ilmu sebelumnya atau lebih baik dari sebelumnya.

 

Wallahua'lam.

No comments:

Post a Comment