Saturday, November 21, 2009

Walau Hujan, Semangat Tetap Ada..

Suasana sore hari yang tidak mendukung, hujan rintik yang tidak lebat cukup untuk menjadi hambatan kegiatan sore ini. Udara yang sejuk manjadi pelengkap kemalasan diri untuk tetap berbaring dibawah selimut tebal. Saat itu, aku berusaha tetap memacu langkah dengan semangat, ada payung yang menemani, jadi kenapa hujan harus menjadi hambatan..hujan bukanlah alasan untuk mengabaikan kewajiban sore ini. 

Sambil melangkahkan kaki, saya mengira-ngira, akankah anak-anak tetap semangat melangkahkan kaki juga untuk menuntut ilmu Allah..belajar bagaimana membaca wahyu Allah dengan tartil..dengan cuaca yang sangat tidak mendukung ini..semoga..dan walau cuma satu, pasti ada anak yang seperti itu.. Ketika tak sampai beberapa meter lagi langkahku, hamparan masjid itu tampak kosong..hanya ada dua orang ibu-ibu yang sedang asik mngobrol dan terhenti ketika melihatku di kejauhan, lalu mereka berseru padaku, "hujan mba, anak-anaknya pada g dateng, tadi ada yang dateng cowo2, tapi balik lagi dikirain gda ngaji hari ini". Saya malah kembali bertanya sambil senyum-senyum karena bingung harus menanggapi gimana lagi, "oh iya ya bu? Ada yang dateng tadi?" Dalam hati saya merasa sangat bersalah, ternyata saya telat, padahal jam menunjukkan jarum pendek diangka empat dengan jarum panjang telah bergeser keangka 10. Biasanya ngaji baru dimulai ketika jarum panjang di angka 30 bahkan lebih, walau sebelum itu beberapa anak telah datang. Tapi tetap saja, kedatanganku yang tidak tepat ini membuat mereka hanya melihat tempat yang kosong dan berpikir tidak ada ngaji hari ini karena hujan. Saya cuma bisa berdoa, semoga Allah memaafkan aku. 

Kemudian saya duduk dan menanti kedatangan anak-anak lain yang ingin memperoleh ilmu sore ini. Saya buka halaman kertas yang saya bawa untuk kubaca sambil menanti, selain itu saya mulai iseng dengan membuka hpku lalu mulai menjepret. Tak lama kemudian ada yang datang, seorang anak perempuan cantik berpakaian orange lengkap dengan kerudung yang juga berwarna orange, membawa AlQur'an di tangannya. Seorang anak kecil pintar yang masih duduk di bangku TK Nol Besar, hm..berarti umurnya sekitar 6 tahun. Kebetulan rumahnya tak jauh dari hamparan mesjid tempat kami mengaji. Senangnya hatiku, masih ada yang semangat untuk tetap hadir. Dari jauh kusapa anak ini, "shalsa..." dia pun berlarian menuju tempat ini karena tidak memakai payung. Kami tidak langsung memulai karena menunggu yang lain hadir. Sambil menunggu shalsa kecil yang emang masih kecil jadi tidak lepas dari bermain. Dia bermain-main dengan payungku, berlari-lari, juga ikutan mainin hpku, mulai dari jepret-jepret hingga main game yang ada di hp. Shalsa ini anak yang hebat, dia hampir hafal sejuz dari juz 30. Aku pun kalah hafalannya. hehe.. suatu saat aku ingin menceritakan khusus tentangnya, semoga saja aku sempet membuatnya. 

Tak lama kemudian datang satu orang lagi, anak laki-laki yang besar dan ulahnya minta ampun..mesti sabar-sabar aja deh..hehe.. Dia udah kelas 6 sd, sudah bisa baca AlQur'an, tapi untuk hafalan masih jago shalsa. Dateng-dateng, dia langsung berkata, "mba, punya fesbuk g?" sambil memegang hpnya. "wuduh..hp baru?masih sd aja udah gaya punya hape..mau fesbukan lagi.." dia menimpal sambil asik dengan hapenya, "nggak og mba..ini masih diumpetin, dikasihnya klo aku mau ngaji aja, kalo g dipegang ibu." lalu dia menambah celotehnya dengan tetap asik mainin hpnya, bahkan aku pinjem ngeliat bentar aja, g dibolehin sama sekali. Benar-benar dah ni anak. Dulu, dia ini minta ampun rese nya, tiap ngaji pasti menodong mba-mba atau mas-mas nya yang ngajarin ngaji supaya mau minjemin hp mereka buat dia main game. Kalo kita gamau ngasih, dia g akan menyerah dengan tetap memaksa bahkan mengambil dengan paksa. Dan repotnya dia gamau diomongin. Kalo kita nasehatin g mau ngedengerin sedikitpun, malah terkadang menimpali. Oia, namanya Bofa. Dia juga punya 2 orang adik yang ikut belajar ngaji juga. Tadi saat kutanyakan adik-adiknya, dia menjawab lagi sakit. 

Setelah lumayan lama menunggu, kami pun mulai dengan diawali membaca surat AlFatihah dan do'a mau belajar. Lagi-lagi Bofa berulah, dia sulit sekali diajak untuk membuka belajar kita sore ini, dia gamau membaca do'a mau belajar. Hm... Dia malah bilang "aku keri ah mba.." awalnya aku ga tau maksudnya, ternyata dia mau terakhir, "yowes to..karepmu..tapi baca do'a dulu" Lalu, tiba-tiba Doni datang. Adiknya Bofa yang paling kecil, anak laki-laki yang sangat lucu, pipinya sangat menggemaskan sekali. Dia masih duduk di bangku TK Nol Kecil, jadi dia masih menggunakan Iqro, berbeda dengan shalsa yang juga masih TK tapi dia sudah ngaji dengan AlQur'an dan hampir hatam, Subhanallah.. Doni diantar temanku yang juga mengajar mereka, kebetulan dia ngekos di rumah orang tuanya Bofa dan Doni. Dia mengajar di hari yang berbeda, tapi berhubung tadi aku sendiri, jadi kuminta dia menemani sebentar, dan ternyata Shalsa emang ingin ngaji bersamanya. Jadi deh, aku membimbing Doni dengan Iqronya. Hiiii...gemesin banget, apalagi ketika Doni mengucapkan huruf demi huruf hijayyah, sangat semangat, sambil diiringi senyum dan tawa.. Setelah itu, saya mencoba hafalan pada Doni, mulai dari AlFatihah, yang ternyata masih sedikit belibet. Lalu, saya coba dengan AlIkhlas aku bimbing biar dia mengikuti, taunya dia cuma ngucapin sepenggal-penggal aja, dan keras bgt pas diakhirnya..jadi yang bersuara cuma "edde..edde..edde.." Dia ngikutin pas qolqolahnya ajaaaa... Hwaaa...dasar Doni...lucu bgt si kamu..

15 comments:

  1. Hahaha.. Kok jadi malah curhat di MP ma.. Ga berani ngeluarin di notes FB yaa.. Untung anak2 itu ga punya MP.. Hehe

    Afwan ga bisa ikut ngajar, ada tugas negara soalna, eh maksudnya angkatan..

    Shalsa katanya bagus ya hapalanna, belum pernah ngaji ama aku dia..

    ReplyDelete
  2. haha..iya nih..jadi curhat..
    udah lama g posting jadi pengen cerita aja deh..

    weiss..gmn?gmn?menang g?

    yup, betul bgt..dy hapalan juz 30nya tgl sedikit lgi..
    jago kan..
    kagum aku..
    *jdi malu ma diri sendiri..gda perkembangan..

    shalsa tk nya di tk islam, jdi mendukung deh..

    ReplyDelete
  3. kalah telak ma.. pada demam panggung mainnya.. ga seperti di latihannya..

    eh dulu yang sedikit pengajarnya kan hari kamis.. sekarang kok malah hari sabtu yang ga ada pengajarnya.. hari kamis membludak..

    ReplyDelete
  4. jyaaahh..kalah to..
    yg cewe e?menang rak?

    iyo..aq yo heran..
    tpi sbtu bysane akeh og, normalnya emg ada 5,, mgkin pas hujan kali, jdi dikira gda..
    faiz ke futsal jg kn..winda lat ident..retno lupa mgkin ya..kdg ada acy jg..

    klo kmis kya e kmrn aja deh, coz ada 09 yg baru to..3 org pula..klo g jg kn sepi..

    jadwale dirapike meneh wae..

    ReplyDelete
  5. cewek menang adu pinalti... faiz ke futsal bareng aku..

    iya juga si, biasanya sepi.. mbak apre sekarang dah sibuk CoAss.. ya nanti aku bilang ke kepsek suruh ngerapiin jadwal lagi..

    aku sendiri ga tau yg ngajar hari kamis siapa aja.. kalo ikhwanna tau tapi akhwatna ga tahu orang2na.. hehehe

    ReplyDelete
  6. hehe..aq tenaga bntuan utk hr kmis crtanya krn mba apre udah makin sibuk..
    klo g slh awale mb apre,liana,tya bkn si..hehe aq jg gtw psti..hnya mndpat titah dari kepsek mnjdi relawan tambahan..

    ReplyDelete
  7. hehe..aq tenaga bntuan utk hr kmis crtanya krn mba apre udah makin sibuk..
    klo g slh awale mb apre,liana,tya bkn si..hehe aq jg gtw psti..hnya mndpat titah dari kepsek mnjdi relawan tambahan..

    ReplyDelete
  8. Setahuku mbk apre aja.. Yg laen ga kenal (belum mau kenal lebih tepatnya).. Hehe.. Ya udah km tetep aja ngajar hr kamis ma, buat jaga2 kalo ga ada yg ngajar.. Alhamdulillah skarang anak2 nya bnyk lg, ga kayak tahun kemaren.

    ReplyDelete
  9. yup..insyaAllah, selama aq bisa diusahakan dateng..
    iya Alhamdulillah..tpi justru yg lama2 makin jrg nongol..malah lebih banyak yg baru2..

    ReplyDelete
  10. haha...ada yang kurang tuh di kisahnya!!!
    kedatanganku kagak diitung ik! *penting yah??
    ^^
    salute to Salsaa

    ReplyDelete
  11. ini hanif po?
    jyaahh..beralih ke blog nif?
    hehe bener banget..mau tak tulis sebenernya, tapi ko ya rak penting..
    hehe..becanda nif..^^
    oia..bsk n sabtu aku izin g ngajar ya..hm..klo bisa cariin ikhwan yang bisa ya nif..
    mungkin akhwatnya ada winda yang bisa..aku udah bilang ke dia..

    ReplyDelete
  12. waaahh,,seru banget tuh kaa.. hehe
    wa'alaykumussalam,,,lina bingung mau jawab komen kakak di mn? ga ada GBnya, jadi di sini aja . ^^
    iya adeknya ..
    belom minat deh ka, kayaknya..makanya doi ga punya.
    btw, temennya ceu iffa di undip? FK juga?
    iya,,salam ukhuwah islamiyah.. oya, biasa dipanggil apa nih ka?

    ReplyDelete
  13. hehe..iya si..kyanya sengaja buat kontak atau network aja..
    iya, temen sekelasnya ceu iffa di fk undip..
    hihi..
    biasa dipanggil ima, lina..

    ReplyDelete
  14. hehe..gitu deh lin..bisa dibilang sibuk, bisa dibilang nggak..tapi seringnya g memanfatin waktu, hehe..

    ReplyDelete