Thursday, May 13, 2010

Kisah Kapal Layar

kisah sebuah kapal layar yang mencari tempat berlabuh..yang telah lelah terombang ambing gemuruh ombak dan terhantam badai laut yang sangat kejam...seolah-olah ingin segera memuntahkan kapal layar ini dari wilayahnya..pun kapal layar tak tahan lagi menghadapi para perompak-perompak dunia yang lihai..sungguh kehidupan laut yang suram..

inilah perjalanannya..silakan disimak..

***
Terlalu cepat untuk berlabuh..
belum saatnya kapal layar ini berhenti..
masih panjang perjalanan..

ombak dan badai masih harus dilewati..
ini bukan tempat yang tepat untuk mengistirahatkan diri..
walau godaan dan ajakan kian memanggil..

Aku masih harus membentangkan layar..
berlayar terus untuk menemukan tempat labuhan yang tepat..
di sana pasti sambutannya lebih indah..
aku percaya itu..

perjalanan masih jauh..
aku pun heran mana tempat labuhan yang dijanjikan itu..
tak kunjung aku menemuinya..
padahal peluh aku membentangkan layar..
dengan gagah berdiri di tengah samudra luas..
dengan kuatnya menerpa hantaman ombak-ombak..

mana tempat labuhanku itu..
pelabuhan-pelabuhan lain telah menggodaku untuk mampir..
tepat sekali, ketika aku pun telah lelah melebarkan layar..
saat aku ingin istirahat..dan menikmati kesenangan-kesenangan semu..

ternyata..perjalananku masih jauh..
aku terlena dengan iming-iming pelabuhan-pelabuhan megah itu..
belum saatnya berhenti..aku harus terus berlayar..
mencari tempat pemberhentian yang lebih abadi..
mencari tempat pemeberhentian yang seharusnya..

aku akan mencari..
aku tak boleh lelah mencari..
hingga labuhan itu kutemukan..
***

akhirnya..kapal layar ini menemukan tempat labuhannya..dan dia beristirahat di pelabuhan itu hingga tua dan lumutan..tidak lagi terpakai..tapi dia bisa istirahat dengan damai..hanya ditemani dengan riuh kecil ombak pantai dan gemerisik suara angin..tidak ada lagi badai, ombak yang marah, dan perompak-perompak jahat..

selamat istirahat kapal layar..

5 comments: