Sunday, June 13, 2010

Janganlah Takut...

Bismillah..

Semakin hari aku semakin takut menjadi dokter..
Semakin kupelajari banyak ilmu, semakin aku takut menjadi dokter..
Semakin aku bertemu dengan orang sakit, semakin aku takut menjadi dokter..

Tapi ini jalannya..
Tidak mungkin disudahi sampai di sini, sementara perjalanan panjang telah saya jalani..
Tidak mungkin disudahi, kecuali Allah yang berkehendak lain..

Tau kah teman, dokter adalah seorang manusia..
Dokter bukanlah dewa..
Dokter bukanlah yang berkehandak..
Dokter bukan yang maha mengetahui..

Mereka hanya manusia kerdil yang mencoba untuk mendewasakan seorang anak manusia..
Mereka hanya manusia pikun yang berusaha untuk mengingat teori-teori tentang penyakit..
Mereka hanya manusia rendah yang berusaha untuk meninggikan derajat kesehatan orang lain..
Mereka hanya manusia lemah yang berusaha untuk menguatkan pasiennya..
Mereka tak tahu apa-apa, hanya berusaha mencari tau untuk membantu..

Mereka hanya ingin menolong..
Sakit milik Allah..kesembuhan pun milik Allah..
Dokter hanya membantu mencari kesembuhan dari Allah..
Kesembuhan ada melalui cara yang Dia kehendaki..
Apapun itu..bahkan dengan air putih saja sudah cukup, jika Allah telah berkehendak..

Semakin hari aku semakin takut menjadi dokter..
Karena aku tak tau apa-apa..
Karena aku manusia kerdil..
Juga manusia rendah dan lemah..

Tapi aku sadar..
Sakit milik Allah..kesembuhan pun milik Allah..
Kenapa harus takut..kita hanya membantu, bukan menyembuhkan..
Semuanya Allah yang menetukan..

Bukankah aku sudah tau dari dulu protapnya..
Protap yang harus dipegang semua umat muslim/muslimah..
tugas manusia adalah ikhtiar..
setelah itu..Allah yang bekerja..manusia tinggal tawakal..

Kenapa aku menjadi takut..
Kenapa aku jadi khawatir..
Ya Allah lindungilah aku..
Berikan petunjukMu..ridhoi hamba agar mampu menjadi pembantu dalam mencari kesembuhan dariMu itu..
Berikanlah petunjuk untukku..agar aku tidak menjadi orang yang sesat dan menyesatkan..amin..

No comments:

Post a Comment