Wednesday, September 1, 2010

[Semarang] "Kepahitan yang harus dibenahi"




Ini kawasan PBL (Praktek Belajar Lapangan) kami, kelurahan Bandarharjo.
salah satu kelurahan yang terletak di Kotamadya Semarang, inilah gambaran sisi lain kehidupan di sebuah ibu kota provinsi. Ini adalah cerita lama, cerita lama yang tak kunjung teratasi, suatu sistem yang belum terbenahi di kawasan ini.

Ini adalah kawasan yang selalu terkena rob, hampir setiap hari rumah mereka tergenang, hm..ini hanya sedikit potret yang sempat kuabadikan, sebenarnya masih banyak yang lebih membuat mengelus dada, tapi tak sempat kuabadikan.

Sistem pembuangan air limbah rumah tangga (baca: got) tidak lancar, kerap membuat rumah-rumah di kawasan ini tergenang air. Sistem pompa air yang belum baik, membuat kawasan ini kerap tergenang saat rob tiba. Sistem pembuangan sampah yang masih belum baik, membuat kawasan ini tertumpuk sampah yang berserakan. Kesadaran masyarakat yang kurang dan kesadaran pemerintah yang kurang mengakibatkan kondisi seperti ini masih ditemukan. Berbagai masalah ditemui. Tiap tahunnya para mahasiswa melakukan praktek lapangan atau KKN di wilayah ini, tapi tetap saja, masalah belum teratasi. Harus ada perhatian khusus dari pemerintah secara langsung untuk membenahi wilayah ini, setidaknya, mengatasi rob yang tak pernah berujung perbaikan. Genangan air dimana-mana ini sesungguhnya sangat tidak baik untuk kesehatan, banyak sekali penyakit yang ditransmisikan lewat genangan air dan genangan air ini bisa menjadi sumber penularan berbagai macam penyakit.

Kapankah masalah ini akan teratasi?

1 comment:

  1. keadaannya sedikit membaik saat ini, setelah penggunaan kembali pompa airnya, genangan mengurang..
    ktnya stlh dipegang oleh wali kota yg baru pompa yg ada kmbali diberdayakan..*abis diskusi sama bpk2 taksi tdi..

    *pdhl punya alat pompa air untuk menanggulangi rob ini, tp tdk difungsikan, lalu kmn uang pemeliharaan fungsi pompa ini?

    hoho..no comment deh..

    ReplyDelete