Monday, May 2, 2011

Ini mah Namanya Kantin Mahal..

Sarapan adalah moment yang hampir selalu saya jalankan selama di koas ini. Yah.. walaupun tak jarang saya pun sering melewatkannya karena kesibukan. Di Rumah Sakit ini banyak sekali sudut-sudut tempat yang menjual makanan, mulai dari yang terbuka untuk semua penghuni Rumah Sakit (pasien, keluarga pasien, dan karyawan-karyawan) sampai yang tersembunyi di suatu ruangan dan hanya bisa dijangkau oleh para karyawan (dokter, residen, koas, perawat, yang bersih-bersih, dsb) yang bergelut di dalamnya.

Biasanya, kantin-kantin tersembunyi dan nyempil ini mudah tersebar dari mulut ke mulut. Hampir setiap stase ada kantin tersembunyinya, walaupun tidak semuanya. Biasanya menggunakan ruang perawat, dapur stase, bahkan ada tempat khusus sebagai tempat berjualannya.

Dan dari kantin-katin yang tersembunyi itu, diantaranya sudah menjadi favorit kami semua, koas yang ada di dalamnya, juga saya. Diantaranya adalah, nasi interna, selama di stase anak interna menjadi tempat favorit saya berburu sarapan, selain nasi bungkusnya, mi nya juga enak, mi interna ini sudah terkenal seantero RS, rasanya spesial di lidah.

Kemudian, yang menjadi tempat favorit berikutnya, Kantin UGD, ini termasuk kantin terbuka, dan makanan yang menjadi favorit saya di sini adalah, nasi bakar dan nasi rames gimbalnya, enak dan murah, hehe. Oia, kalo mau beli minum botol ukuran nanggung, yang menjual dengan harga murah ya di sini ini. Kalo cemilannya, saya suka donat kentang kejunya, juga donat goreng pisang dan coklat nya.  Dulu, waktu stase radiologi, kantin UGD adalah tempat favorit yang selalu didatangi sebelum memulai aktivitas di RS.

Ada lagi kantin lainnya, seperti kantin Obsgyn, kantin terluas dan sangat terbuka, juga harganya yang selangit, tapi kantin ini menyediakan tempat untuk makan, sedangkan kantin-kantin lain umumnya menjual dalam bentuk bungkusan. Selain itu, yang spesial lagi, di Rumah Sakit ini juga ada kantin keliling. Hehe. Ada ibu-ibu yang suka berkeliling dari satu stase ke stase, biasanya kami pun sering menunggunya kalau sudah tak sempat nyari sarapan, rasanya ada beliau ini surga dunia sekali, hehe.


#

Dan, begitu juga hari ini, datang-datang jam 07.30, terus absen, terus duduk deh di ruang koas bangsal mata. Berhubung lagi dapet stase bangsal, dan ternyata pasien matanya di bangsal hanya 2 orang, selebihnya pasien titipan dari stase lain. Santai lah kami, sambil  ngerjain status kecil, saya kelaperan, dan inget kalau belum sarapan, jadi ngajak temen deh buat makan. Terus diajakin ke kantin IBS (Instalasi Bedah Sentral). Katanya, di sini makanannya enak-enak. Wah, boleh tuh belum pernah nyobain. Sudah sering si diinfokan kalo kantin IBS ini telah menjadi favorit, tapi masalahnya ngeri aja masuk ke dalamnya, sedang kita bukan koas yang lagi stase IBS.

Mata ini ada stase IBSnya, semenjak itu saya jadi tau, dimana posisi kantin IBS ini, dan untuk menjangkaunya itu, harus melewati ruang ganti baju OK, dan itu artinya, kami harus ganti baju dulu dong? oh tidak, malas saja kalau begitu. Tapi, temen saya bilang g usah, boleh pake baju koas. Dia juga belum pernah ke sana, tapi teman saya yang lain ada yang udah pernah ke sana pake baju koas, terus dipesenin sama dia,

"ntar kalo ada Mr. E, bilang aja koas mata gitu. Waktu itu, aku ke sana pas lagi di anak, terus dipeseninnya ntar kalo ketemu Mr. E bilang aja koas mata."

Haiyyah.. semoga saja tidak bertemu Mr. E, do'a kami berdua. Mr. E ini adalah supervisor bedah yang lumayan ditakuti ceritanya, dulu apalagi sewaktu masih di preklinik, beliau mengajar anatomi, dan mengajarnya sangat keras sekali, sehingga kami pun suka ngeri sama beliau, padahal si beliau ini orangnya baik sekali.


#

Lalu, kami berdua, yang sama-sama belum berpengalaman untuk ke kantin IBS tanpa ada kepentingan di IBS dan tanpa memakai baju OK, memberanikan diri demi perut. hihi. Pertama, kami masuk ke ruang ganti perempuan, lalu lewat sana, kami masuk ke kantin IBS. Di ruang ganti, kami sudah ragu, ingin mencopot sepatu, kemudian kata ibu-ibu yang bertugas membersihkan ruang ganti, menyuruh kami terus masuk saja,

"masuk saja mba, tidak apa-apa sampai kantin, masuk aja."

Ho.. kami mengangguk dan langsung masuk saja. Tidak ada yang memprotes kami juga ternyata, berarti memang boleh. Di dalam kantin, sudah ramai para pendekar kodok (mulai dari koas sampai supervisor hingga perawat yang memakai baju OK yang warnanya hijau), hehe.. Kantin ini, benar-benar ramai. Sebenarnya si ini adalah tempat istirahat sejenak sebelum kembali melanjutkan operasi. Tapi, dimanfaatkan untuk berjualan juga.

Sudah saja, kami memilih menu nasi bungkus, yang agak berbeda dengan kantin-kantin lainnya. Agak bingung jadinya, akhirnya saya memilih menu nasi merah pecel dan teman saya memilih menu nasi lodeh. Tidak lupa, membelikan titipan-titipan anak-anak, seperti pisang karamel dan kelepon. Wah, tidak ada yang memprotes kehadiran kami, berarti memang boleh.

Kemudian kami segera untuk keluar, tetap saja rasanya seperti orang asing diantara pendekar-pendekar kodok itu. Saat keluar, kami sambil ngobrol, dan terus saja mengikuti kemana kaki melangkah, sampai akhirnya, terdengar suara berteriak

"heee.."

suara yang cukup familiar, suara laki-laki! kemudian teriakannya dilanjutkan,

"cah wedok kok masuk sini."

Hwaaaa... kita langsung kaget dan segera ngabur. Salah masuk kamar ganti. *nguiks.. Sport jantung! Dan ternyata beliau adalah Mr. E yang kami hindari sosoknya itu. Haduuuu.. bukannya menghindari lubang, malah kami mencari dan masuk lubang tanpa diminta. Haha. Giila.. ini adalah pengalaman yang g banget, kami tak berhenti tertawa dan deg-degan.

"Bedah kita masih lama kan? semoga aja Mr.E udah lupa"
"Jangan-jangan ntar kita dibahas-bahas lagi pas di ruang OK."
"Mr. E sambil meringis senyum juga si tadi, kayanya emang udah sering deh"

Segala pembelaan kami keluarkan, dan kami benar-benar tidak habis pikir, kenapa bisa masuk ke ruang ganti OK laki-laki si? pas banget lagi yang di sana Mr. E.

"Kalau begini mahal jadinya harga sebuah makanan ini, kalo gitu kita hargai dua kali lipat buat yang nitip! hahaha.."

Kemudian, kami kembali ke ruang koas mata, kita ceritain kejadian tadi, dan yang lain pada ngekek. Haduuu.. nggak lagi-lagi deh..

#

Akhirnya, kami bisa menenangkan diri dan memakan makanan yang sudah kami beli dengan harga mahalnya sebuah pengorbanan dan malu. Ternyata memang benar adanya gosip-gosip itu, enak banget deh, porsinya juga luar biasa banyak, harga nominal tanpa pengorbanan dan malu pun cukup terjangkau, enam ribu saja. Tidak menyesal sudah ke kantin IBS dan sempet melakukan kekonyolan itu. Kemudian, temenku bilang,

"kapok nggak ma ke kantin IBS lagi?"

Haha.. kapok nggak ya..

10 comments:

  1. Kuwi RS opo nggon plesir...kantorku le pegawene 100 wae kantin mung 1 warteg gur 1...C#

    ReplyDelete
  2. boleh ngritik gak mbak?
    hehe ^_^V

    anu...
    paragrafnya kepanjangan, jadi agak cape membaca

    mungkin paragraf itu dipecah jadi bbrp paragraf lagi :D

    ReplyDelete
  3. komen buat tulisannya:

    makan apa tuh 6000an? include minuman? :D

    ReplyDelete
  4. hehe..iya ya.. okeh2 mba.. terima kasih sarannya.. nanti saya pecah2 lagi..

    ReplyDelete
  5. nasi merah, pake pecel, pake tempe orek-orek, sama telor dadar separo mba.. porsinya banyak lagi.. hehe..
    kalo di sini, makanannya standarnya segitu mba.. nasi bungkus 4500 juga masih dapet, yang saya ceritain nasi rames gimbal segitu hargannya mba..

    g termasuk minuman mba.. ngebekel dari rumah minumnya.. hehe..

    ReplyDelete
  6. di Semarang ya?

    pantes masih murah meriah

    di Surabaya juga hehe...

    kalau di Jakarta segitu cuma dapat air doank kali ya hehehe

    ReplyDelete
  7. hehe.. iya mba.. betul.. jakarta mah segala2nya mahal.. hehe.. :)

    sudah aku benerin mba.. hehe..

    ReplyDelete
  8. di rumah sakit selalu mahal.. kecuali kalo ada ibu2 penjual yang suka ngider ;d

    ReplyDelete
  9. iya di rumah sakit harganya memang lebih mahal.. tapi ada beberapa tempat dan jenis makanan yang terjangkau dan malah murah.. hehe..

    ReplyDelete