Saturday, September 24, 2011

1 Orang cukup Berarti..

Kami masuk bagian besar ini hanya bersembilan. Sebagai junior kami dibagi kedalam 4 kelompok kecil lagi untuk melewati di setiap substasenya.  Yap, kami bersembilan di stase ini. Selama sebulan sebagai junior, kami dibagi untuk memasuki 4 substase. Semuanya hanya berdua, kecuali kelompok ku, kebetulan mendapatkan jekpot bertiga. Udah gitu, yang lain personilnya cewek-cewek atau cowok-cowok, sedang kelompokku cewek-cowok-cowok. Jadilah, aku cewek sendiri di kelompok kecil kami.

Tugasku mungkin lebih ringan dibandingkan teman-teman yang lain yang hanya berdua. karena kami bertiga. Ternyata di stase ini, keberadaan satu orang aja sangat berarti. Memang tidak untuk waktu jaga, karena mau banyak atau sedikit personil kami, jaga di stase ini emang akan sama jumlahnya. Seminggu full untuk substase IGD-poli Ginekologi dan seminggu full untuk substase VK orientasi-poli Obstetri.

Keberadaan satu orang ternyata dapat memperingan pekerjaan yang itu artinya, kami bisa tetep istirahat walaupun jaga, karena kerjaan bisa terselesaikan lebih cepat dan bisa saling mengcover. Pengalaman dari temanku yang berdua, selama di vk bener-bener g bisa tidur, paling tidurnya itu cuma siang selesai poli sampai jam 3 aja, karena jam 4 sudah harus balik dan kembali ke rumah sakit untuk follow up dan jam 7 sudah harus kembali jaga vk. Dan vk hampir selalu penuh selama ada jampersal. Tapi, semuanya tergantung pasien yang masuk. Buktinya, selama jaga IGD, saya juga jarang bisa tidur nyenyak. Hari pertama jaga, minggu malam, bahkan sebelum saya menginjakkan kaki di smf obsgyn, saya sudah disuruh melahirkan plasenta. Gimana tidak kaget. Dan pasien terus berdatangan sampai pagi, hanya bisa mengejapkan mata sebentar, kemudian sudah dibangunkan lagi oleh kedatangan pasien. Lama kelamaan, kami sensitif sekali setiap mendengar suara brangkar-brangkar yang masuk ugd. Haha. Bertiga saja seperti itu, bagaimana kalau berdua?

Satu orang juga sangat berarti di bangsal ginekologi, karena jumlah bed yang harus kami follow up semakin sedikit. Itu artinya tidak perlu datang jam 2 pagi. Dan setiap operan, mereka akan bilang, kamu mah jam tiga juga masih bisa selesai, ma, kan bertiga. *tapi sepertinya tetap saja, hari pertama harus datang jam 2 dulu. Pengalaman teman-teman yang bahkan berempat dan berlima pun datangnya pagi-pagi buta juga. Hehe. Dan jika, disuruh konsul-konsul atau yang lainnya, ada tiga tenaga yang bisa disuruh. Satu orang sangat berarti!

Satu orang sangat berarti, saya merasakannya sendiri selama di substase fer kemarin. Kebetulan, teman saya diutus untuk mengikuti simulasi ujian OSCA ukdi, jadi saya tinggal berdua saja dalam menyelesaikan tugas. Kebetulan, teman saya yang satunya lagi adalah chief, jadilah dia pun punya agenda-agenda untuk di smf mengurusi tutorial, dsb. Otomatis kerjaan harus saya cover sebisa saya dulu sendiri sebelum akhirnya teman saya yang chief bisa kembali membantu, dan itu... bener-bener kerasa! Belum lagi, waktu mengerjakan tugas jadi lebih sempit karena ada tutorial dengan supervisor, jadi target bisa terselesaikan harus lebih cepat dari biasanya. Sedikit luntang lantung, lari sana lari sini. Ngos-ngosan. Kemudian saat ingat kerjaan lain, tidak ada yang bisa diminta untuk membantu menyelesaikan. Harus kebut menyelesaikan yang satu untuk menyelesaikan yang lain. padahal kalau ada yang lain kan biDan, ketika naik ke smf untuk tutorial, ternyata g jadi! Benar-benar nyesek. Kerjaan g beres, tutorial g jadi. Cape iya. Hehe.

Dan tak jarang terjadi, mereka iri karena satu orang yang sangat berarti itu! “kamu mah enak bertiga..” langsung nunduk.
Tenang, teman.. bukan mauku aku dipilihkan menjadi bertiga. Semua ada porsi tugasnya masing-masing yang insyaAllah tetap akan terselesaikan berapapun jumlahnya kita, jika kita mengerjakannya ikhlas dan sabar bukan? Saya bertiga juga karena mengcover chief yang memang kadang harus menghilang untuk mengurusi masalah tutorial dengan supervisor, tentiran dengan residen, dan hal lainnya. Jadi, dia perlu dibantu dua orang, bayangkan kalau hanya berdua?

Kami, bertiga juga maih tetap mau untuk mengcover kerjaan kalian teman. Kami tetap ada untuk aling membantu, jika kami mampu.

Untuk teman-teman obsgynku bersembilan semoga kita bisa melewati stase ini ya.... tidak kerasa bukan, sudah masuk minggu ketiga saja.. semoga ke depannya tetap tak ada masalah dan lancar jaya. Semoga bisa mengukir kenangan yang baik saja di sini.

Bersembilan.. benar-benar aneh awalnya. Setiap kita kumpul untuk tutorial, tentiran, fantom, kita suka merasa aneh sendiri, rasanya baru beberapa yang kumpul, tapi ternyata setelah dicek sudah kumpul semua. hehe.

8 comments:

  1. udah berapa minggu di obsgyn ma? jaga kesehatan ya!

    ReplyDelete
  2. wouw....curcol coas banget dah...
    eh mbak Ima nih angkatan FKUNDIP tahun kapan to?

    ReplyDelete
  3. Hadoooohhh... setiap baca tulisa dirimu yang tentang kedokteran, di hatiku selalu ada sedikit rasa gimanaaaa gitu.... Seperti keinginan aku untuk jadi dokter selalu ada di alam bawah sadarku, hehehhehe

    *curcol*

    ReplyDelete
  4. Wah perkasa banhet ya satu kelompok hanya berdua atau bertiga! Hehe.. semangat ya adik2..hrs kompak & saling jaga..kita semua saudara sejawat ^__~

    ReplyDelete
  5. baru dua minggu haya..hehe..
    besok mulai masuk minggu ketiga..
    insyaAllah... :)

    ReplyDelete
  6. hehe.. iya nih..
    angkatan 06.... hehe.. :)

    ReplyDelete
  7. ini lagi paceklik mba..
    iyaaa.. makaih mba.. :)
    mohon doanya aja ya mba..

    ReplyDelete
  8. mba mau jadi dokter?
    *ntar anaknya aja mba yg dimotivai..hehe..

    tapi jadi dokter itu, cape mba... hihi.. :)

    ReplyDelete