Sunday, September 11, 2011

"Saya kira anak SMA atau SMP tadi.."

“ini kembaliannya, bu”
Seorang kasir berkata pada seorang pembeli. Kebetulan pembeli itu ditemani seorang ibu-ibu dan anak kecil. Kemudian,  ibu-ibu yang bersama pembeli itu pun nyeletuk,

“ ‘bu’, masih SMP mba” berujar ke kasir sambil tertawa-tawa geli.

Jika saya taksir, ibu-ibu yang bersama pembeli itu adalah orang tua pembeli tersebut dan pembeli yang dibilang ‘bu’ oleh kasirnya itu adalah seorang anak SMP, yang memang, tinggi besar serta penampilannya tampak dewasa, lalu anak kecil yang satunya sangat mungkin adalah adiknya pembeli.

Saya yang sedang mengantri ikut melihat adegan tersebut, ingin ikut tertawa juga. Tapi, tak sopan rasanya.

Kemudian, ibu dari pembeli tersebut melihat ke arahku dan berujar,

“mba nya sekolah dimana?”

Ehm.. bingung saya menjawabnya.. Saya kan udah tidak sekolah lagi. Saya jawab saja dengan canggung,

“Kuliah bu, hehe..”

Mimik ibunya langsung berubah “hoo.. kuliah.. Kuliah dimana, mba?”

Hehe.. tidak cukup rupanya dengan jawaban kuliah. “Undip” sambil tersenyum menanggapinya.

“Ooh.. Undiiip..” sejenak berhenti. Berpikir. Lalu berujar kembali, “ambil apa?”

He? Masih ada pertanyaan-pertanyaan lagi rupanya, semakin tidak enak saya untuk menjawabnya, tapi, saya harus menjawabnya atas nama sopan santun,

“kedokteran..”

“hoo.. semester berapa?” semakin antusias rupanya, sedang saya semakin tak enak menjawabnya,

“koas, hehe..”

“waaa.. pinter ya.. sudah koas saja.. Saya kira anak SMA atau SMP tadi..”

..Haha.. Semakin melebar senyum saya. Seiring dengan itu, ibu-ibu tersebut pamit untuk pulang dan giliran saya membayar.

-end-

9 comments:

  1. aduh, aku belum mudeng bagian awalnya *dodol tingkat tinggi

    ReplyDelete
  2. g usah dipikrin haya.. g keluar ujian kok.. hehe..

    ReplyDelete
  3. haha, udah mudeng :D *payah deh*

    ima, kamu masih imut2 yaaa.. kalo aku udah dipanggil ibu >.< huhu

    ReplyDelete
  4. Daripada dipanggil mbak bu...apa mas pak..pak mas..wkwkwk..C#

    ReplyDelete
  5. hwhwhw.. tadi, wktu ditelpon sama junor buat menghadiri rapat Sinoversary, dipanggil dok. saat rapat sama adik2 disinovia juga ga dipanggil "kak" lagi, tapi "dok"...

    tapi maya diem aja, kan lumayan di panggil dokter gratis.. hwhwhw...

    ternyata adik itu kira sy angkatan 2004 atau 2005 yang udah lulus.. hahaha... *merasa diri sudah sangat tua :P

    ReplyDelete
  6. asiknya.. klo aku udah dipanggil bapak mulu.. nyebelin-___-"

    ReplyDelete
  7. Sejak SMA aku dipanggil mas, bahkan sama kakak kelas! Tapi karena dirumah bungsu sendiri, yaa no problemo

    ReplyDelete
  8. Sejak SMA aku dipanggil mas, bahkan sama kakak kelas! Tapi karena dirumah bungsu sendiri, yaa no problemo

    ReplyDelete