Tuesday, July 13, 2010

Heboh Lulus = Heboh Wisuda = Heboh Ngabisin Uang

Bismillah..

Heboh dan gaung-gaung kelulusan telah terasa, semua orang membicarakan, semua orang mempersiapkan, tak kalah persiapan untuk menuju koass ikut-ikut mengheboh. Baju toga lah, toefl, foto, ijazah, foto angkatan, baju koass, baju OK, alat kesehatan, dan perlengkapan koass lainnya harus dipersiapkan. Semua orang membicarakan, penting nggak beli ini? penting nggak beli itu? Tanya sana, tanya sini, semua cara dijalani. Apa harus semua itu terpenuhi??

Alhamdulillah sebentar lagi ngedapetin gelar S.Ked. Siapa yang tidak senang? Bisa lulus dan mendapat gelar sarjana, langkah pertama untuk menjadi pengabdi bisa dilalui. Serentetan ujian demi sebuah gelar hampir selesai dilalui.. Tapi, apakah kelak kita akan mampu menghadapi ujian sesungguhnya?? Saya harap jawabannya iya!! Tunjukilah selalu kami jalan yang lurus, jalan yang Engkau ridhoi..amin..

InsyaAllah, 3 bulan lagi kami akan diwisuda, tepat bulan Oktober. Begitulah siklusnya, sulit untuk bisa lebih cepat (saya tidak ingin bilang tidak mungkin, karena kesannya seperti mendahului ketetapan Allah, siapa tau besok-besok ada yang bisa memcahkan rekor ini di kampus kami) karena sampai saat ini susunan kurikulumnya memang didisain seperti itu. Wisuda S.Ked ini menurut saya bukan suatu kesenangan, atau sesuatu yang harus dirayakan dan dibanggakan, karena ini belum ada apa-apanya, perjuangan belum berakhir untuk bisa dirayakan dan dibanggakan. Bahkan bisa jadi, hari ini wisuda, malamnya saya harus jaga di salah satu stase (ini pengalaman kakak tingkat saya dulu) dan ini tidak menutup kemungkinan akan saya alami atau mungkin teman saya yang lain alami. Memang kami belum koas saat itu, tapi kami sudah masuk stase sebagai komuda, seorang junior yang belajar mengenal bagian-bagian di rumah sakit, masih menjadi anak bawang saat itu posisi kami, belum disuruh ini itu, belum dimarah-marahi, masih diajari (berdasarkan cerita dan pengalaman kakak2 senior).

Oleh karena itu, saya rasa, tidak ada yang spesial dengan wisuda S.Ked nanti, hanya sebuah pengakuan bahwa saya telah menjadi seorang sarjana. Dan yang pasti adalah masa menuju wisuda S. Ked adalah masa-masa dimana pengeluaran saya membengkak drastis!! Tapi, dilain pihak, ini menjadi sebuah kesempatan besar bagi beberapa teman saya untuk melakukan bisnis. Mereka dengan semangatnya mengkoordinir, menjadi agen, memesankan, dan menjual keperluan-keperluan tersebut. Jadi, bagi sebagian orang ini merupakan ajang mencari uang. *harusnya saya juga ya..haha..
 
Begitu banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, dan mau tidak mau uang harus dikeluarkan, untuk keperluan wisuda dan untuk keperluan koas bahkan hanya sekedar untuk keperluan memori saja. Beberapa diantaranya keperluan yang harus dipenuhi dan inilah yang telah menjadi kehebohan di angkatan dan kampus saya saat-saat ini:
1.    Alat kesehatan (ini wajib punya untuk seorang koass, tersedia berbagai merek, dari yang paling canggih sampai yang biasa aja, tapi fungsinya tetap sama)
Ini yang kubeli:
Stetoskop spirit grandeur (Rp 140.000) + sphyg aneroid ABN (Rp 140.000) + Alat-alat lain = Rp 340.000 (kalo g salah kurang lebih begitu, saya lupa harga tepatnya berpa. Alhamdulillah nya ini udah dicicil diawal semester! *blm punya stetoskop littman, pengen punya, mungkin nanti, klo udah punya uang, kalo g minta hadiah dari kakak aja deh..hwehehe..)
2.    Baju koas (wajib ini mah, g boleh nggak, apalagi dipake terus tiap hari, mesti ada persediaan juga..)
3 buah baju koas, mesen ditemen @ Rp 45.000 = Rp 135.000
3.    Name tag komuda (2) dan name tag koass (3).
Berapa ya harganya..klo g salah @ Rp 7.000 x 5 = Rp 35.000
4.    Baju OK (wajib punya juga!)
Rp 95.000
5.    Minor set (bingung sebenarnya mau beli apa tidak. Tapi, berhubung kelak juga diperlukan insyaAllah ketika telah menjadi dokter, jadi gpa2 deh nyicil membelinya sekarang. Kata ayah juga klo untuk urusan membeli alat kedokteran tidak masalah, kan toh ntar dipake, hehe..)
Rp 185.000 (ini termasuk murah, dgn wadah yg besar, dibeberapa tempat bisa sampai Rp 250.000)
6.    Toga (hm..kata ayah beli aja, jadi nurut deh..*sebenernya ada alternative pilihan, pertama g usah ikut wisuda, jadi g usah beli; kedua, pinjem punya kakak senior aja; ketiga, ya beli sendiri)
Rp 100.000
7.    Buku tahunan (ini dia, menjadi dilemma, beli apa nggak, beli? Nggak? Beli? Nggak? Beli.. akhirnya pilihan jatuh ke beli.. nyicil si bilangnya, tapi tetep waeee..muahale..puol..)
Rp 220.000 + sewa tempat (Rp 30.000) = Rp 250.000
8.    Kebaya (saya heran, beberapa teman saya udah menghebohkan untuk masalah kebaya wisuda, haha..)
Hm..pake kebaya SMA aja deh..semoga masih muat..haha..
9.    Salon (klo pengalaman dari kakak2 senior, orang-orang biasanya heboh pada ke salon pas wisudaan)
No Make Up!!! Sama seperti dulu pas SMA. Pertahankan!! Walaupun tampak berbeda dan jegleg ma temen2 yg ke salon, but..it’s not important!! Masa bodo lah haiii..
10.    Bla bla bla (apalagi kira-kira yang akan menyusul???)

Hwaaa…g mau notalin ah, stress saya klo tau totalnya. Banyak banget!! Semua itu sudah diminimalisir dengan mencari yang murah. Tapi tetep aja besar pengeluarannya. Sebenarnya masih bisa kalo mau diminimalisir lagi,, hanya saja saya sudah malas.. Jadi cma sampe sini deh peminimalisiran saya..hehe.. *Alesan yang digunakan sebagai MPJ rasionalisasi..haha..

Akhir kata, karena pengeluaran membengkak, harus dipress jajannya...

13 comments:

  1. hihi.. sama ima. dah hampir 1 tahun koas blum punya steto litman ^^

    masih yg merek spirit.. untungnya maya lolos dari sweeping alat di interna. wajib pakai litman soalnya.. *katanya sih...

    pas dah lewat stase interna, ngak juga kok.spirit masih bisa ditolerir.

    Spigmo maya malah merek GEA.hahaha.. *yg paling murah :D

    baju koas 3? hehehe.. kebanyakan kayaknya. cukup 2 aja. yang bagus 1 yg biasa saja kainnya 1. yg bagus untuk dipakai dinas pagi. yg biasa saja untuk dipakai jaga saja. lagian kan yg biasa saja kainnya ringan. enak dipakai jaga. :D

    baju OK baiknya punya 2. *pa lagi kalo stase bedah. sering kena darah soalnya :D

    Toga baiknya memang beli sendiri. bisa di pakai buat wisuda dokter lagi. dan InsyaAllah Wisuda Spesialis.. hehehe. Amin :D
    *makanya belinya jaganya yg pas dibadan. agak longgaran dikit ^^

    Salon??? huahahahahaha... memang mending ga usah... make up sendiri lebih natural... kalo disalon sering ketebalan... Norak banget deh pokoknya.. hihi :D
    *mana dah mahal lagi.... tapi kalo mau nyalon, sebaiknya dibooking sehari sebelumnya, biasanya salon2 penuh kalo mau wisuda. hwhwhw...

    yg kesepuluh. siapkan mental. itu saja ^^

    oia, manset anak dan bayi kalo mau masuk stase anak. termo anak juga. Hammer dan pen light kalo mau masuk neuro. termo rektal juga sering terlupakan. hihi...padahal penting banget di interna dan anak.

    siapkan kecantikan kalo mau masuk kulit..huahauahauaha.. *bercanda kok..

    Semangat koasnya ^^

    ReplyDelete
  2. *eh ini versi koas di makassar.. hahahahaha...jangan terpengaruh.. lebih dengar kata seniornya ima saja.. hihi ^^ cuman mau share pengalaman waktu mau koas juga. hihi.. ^^

    memang bikin GG kalo dah mau koas.. (GG=Gaduh Gelisah)

    ReplyDelete
  3. wuiiii...thank's may atas infonya..sangat membantu nih.. :)

    iya may, spirit lumayan banget, cukup sensitif sepertinya.. baiklah litman nanti2 aja klo gitu..lagian di sini jg g diwajibin pake litman..hehe..

    iya ya..tadinya mau 2 aja, tapi parno duluan, apalagi aku suka males nyuci, hehe..
    hwaaa...klo baju OK mahal, jadi 1 dl aja deh..

    iya pertimbangannya gitu may, akhirnya memutuskan beli toga jga deh, hehe..*semoga badan ini tidak berkembang pesat, haha..

    untuk masalah salon, so pasti itu may, g usah..haha..

    betuuuulll...mental ya may..capek banget pasti ya koass? sekarang lgi stase apa may?

    oia, aku belum beli manset anak, lupa..

    makasih maya..
    semangat buat koassnya!! sukses yaaa.. :)

    ReplyDelete
  4. iya. spirit memang keren. litman bikin parno.. *mahal sekali soalnya.. residen kan suka pinjam2 steto koas. sering ga bawa soalnya.hihi. supervisor juga. pas visite. kadang lupa dikembalikan. beberapa koas ngak berani buat minta kembali. atau diminta kembali, residen/supervisornya lupa nyimpan dimana..hwhwhw....

    jadi ya... gitu deh.. hehehe.. oia, blum lagi, byk pencuri di rumah sakit loh ima. hati2 saja. *ngingetin.. jangan teledor simpan stetonya.hihi. steto litman sering jadi inceran soalnya. :D

    baju OK, maya juga baru satu. baru terpakai di stase anak dan kulit. hehehe.. ntar masuk bedah baru bikin lagi. soalnya koas bedahnya dimakassar, 2 minggu gak keluar2 UGD.. T_T

    jangan lupa beli tas alat ima. yg ukuran kecil tapi bisa masuk steto, spigmo,notebook kecil,dll. jangan ditaruh alatnya ditas kuliah. biasanya visite ga boleh bawa tas besar.hehe. makanya alatnya disimpan ditas alat. trus tas alatnya bagusnya yg selempang. jangan yg dijinjing. lebih simpel. ngak terganggu pas visite.tangannya bisa dipakai buat nyatat ilmu dari supervisor.hihi..

    hahaha.. tenang aja. kalo koas, badannya sulit untuk berkembang pesat. yg ada kebanyakan malah menyusut. hwhwhwhw.. T_T

    capek? ga kerasa. haha...

    sekarang lagi stase kulit.dah minggu 3. minggu depan dah ujian T_T

    ReplyDelete
  5. betul may..aku jg diingetin gitu..pake tas selempang, terus klo punya litman jangan pernah dibawa saat hari-hari biasa, dipakenya klo ujian aja..haha..

    iya, maya sepertinya harus lebih hati-hati ya klo koas..

    wuiii..lama jg di UGDnya..
    selesai dari bagian UGD, maya jadi makin gesit ntar, hehe..

    lagi di kulit ya may,, hihi..maya makin cantik aja nih di bagian kulit..
    semoga dimudahkan ya may ujiannya..semangaaattt!!!

    sering-sering bagi-bagi ilmunya ya may..hehe.. :)

    ReplyDelete
  6. hahaha... dikulit memang harus cantik ima.. :D :D :D

    tapi tetap saja tak boleh mengalahkan kecantikannya residen kulit yg mirip dian sastro semua.. hehehehe...

    bagi2 ilmu yah? imu maya masih sgt minim sekali.blum ada apa2nya. masih sering lupa2 ingat juga kok. hwhwhw..

    ReplyDelete
  7. Haha..Maya..maya.. iya ya, dimana2 kyanya bgian kulit isinya orang2 bening y may,hihi.. *tapi pengalaman maya udah banyak bgt buat dibagi, hehe.. :)

    ReplyDelete
  8. beeuuuhhhh,, baru nyadar,, ternyata lengkap banget sampai harga2nya kecantum semua,, hehehe

    ReplyDelete