Wednesday, April 20, 2011

Deket banggeeeet ya...


Aw.. aw.. aw.. diajarin pemeriksaan mata juga akhirnya. Sebenarnya dulu-dulu juga udah sering diajarin, tapinya dasar aja saya, lupa meneh.. lupa meneh..

Kemarin, ceritanya ada pasien katarak. Dan ternyata, residen pembimbingku mengharuskan saya buat memeriksa sendiri, baru 2 hari di mata, dan saya memang belum tau bagaimana memeriksa mata itu. Waktu yang sempit itu saya disuruh belajar sendiri di pojokan bersama teman-teman. Baiklah, kurang lebih begini wes caranya, setidaknya saya berhasil melihat sesuatu, walaupun saya sendiri bingung, ngeliat apa? Hiks.. saya melihat ada hitam ditengah, coklat disamping-sampingnya, ada kripte, just it! hehe.. Saat mempraktekkannya di pasien saya melihat ada kabut putih di mata kanan, hm.. tapi masih tampak iris shadownya.. benarkah yang saya lihat?? Saya memeriksa tidak ditemani pula, benarkah hasilnya? Haduuu.. waktu beliau meriksa pake alat canggih, saya tidak diberi kesempatan ikut melihat. Yasudahlah.. waktu saya baca CM nya, ternyata mata kirinya juga ada kekeruhan lensa, piye iki? Aku tidak melihatnya tapi.. dududu..

Tadi, akhirnya baru diajari cara yang benar dan disimulasikan oleh salah dua teman, setelah itu baru kita belajar bareng-bareng bergantian. Dan dari situ, ya ampun.. pemeriksaan mata itu benar-benar ya, ngeri juga, jaraknya itu loh, dekaaaaat sekali, mpe hampir nempel, hihi.. tapi masalahnya iya juga sih ya, kalo waktu meriksa sudah tidak mikir apa-apa, hanya saja saya yang ngeliat simulasi tadi, ngeri sendiri.. padahal kemarin saya mencobanya ke teman-teman yang Alhamdulillah masih cewek, tapi saya juga mempraktekkan ke pasien saya dimana beliau adalah seorang laki-laki, tapi saya tidak sadar tepatnya tidak peduli kalau jaraknya dekat banget, karena emang juga fokus saya sama mata, bagaimana caranya saya bisa mendapatkan gambaran matanya, Harus dapet! Itu mungkin ya, jadinya ya emang biasa aja. Berbeda dengan ketika saya diposisi melihat, perasaan ngeri yang ada, gimana itu kalo sampe nempel, haha.. Waktu teman saya simulasi di depan, kebetulan laki-laki dan perempuan, keliatannya mepet banget, hampir nempel, haha..

Itu karena menggunakan pemeriksaan konvensional, sebenernya ada alat canggihnya, slit lamp, tapi sayang seribu sayang, saya tidak diperbolehkan memeriksa pasien dengan alat itu, wal hasil, ya mesti deket-deketan gitu. Kata pembimbing saya,”kamu itu nanti bekerja di lini pertama tidak mungkin ada alat canggih seperti itu, tapi kalau yang konvensional di puskesmas itu disediakan. Jadi, belajar menggunakan itu!” *hehe..siaplah bu!! Tapi, mbo ya bimbing saya dulu practically.. kan namanya juga masih belajar, ntar saya tersesat lagi, melakukan kesalahan, tapi tak ada yang mengingatkan.. hehe..

*nyari gambar yang pemeriksaan oblique ilumination konvensional yang buat ngeliat bagian depan mata tidak ketemu, adanya yang pake ophtalmoscope.. tak apalah, tidak jauh berbeda..
gambar dari google..

4 comments:

  1. emang perlu jam terbang nggak sih maa.. hwhw,

    katanya mata asikk yah

    ReplyDelete
  2. palingan tar DU adanya senter biasa :D

    oftalmoskop mungkin ga ada alias ga punya, bukan kompetensi (kyknya) hehehe

    ReplyDelete
  3. iyaaaa..jam terbang banget..
    aku bingung di mata, karena ya itu.. mereka meriksanya hanya bisa diliat mata mereka, jadilah, saya gtau apa yang diliat..hehe.. cuma bengong..
    tapi, emang asik sih..bener-bener disuruh meriksa sendiri.. jadi belajar.. hehe..

    ReplyDelete
  4. iya mba.. bukan ophtalmoscope..
    itu alat konvensional yang aku maksud, senter beserta seperangkat alat oblique iluminasinya (lensa spheris + sama buat fundus refleksnya)..

    ReplyDelete