Friday, October 21, 2011

“aneh ngeliat mba ngambilin pispot”

Wkwkwk.. baru tau saya, ternyata saya dibilang aneh gara-gara ngambilin pispot untuk pasien. Jadi, seperti yang telah saya ceritakan di postingan sebelum ini, “dan di sini saya sekarang”

Di sini bener-bener hawa bersahabat yang saya rasakan, ngobrol dengan mbak-mbak dari akbid dari akper, punya temen baru banyak. Kalau di Kariadi, boro-boro bisa ngobrol bareng mbak-mbak akper atau akbid kaya gini. Di sana, kita pasti udah disuruh kemana-mana dan sekalinya balik rasanya pengen istirahat aja. Tapi, pas kosong pun sukanya nggak liat mereka, pada kerja sendiri-sendiri dan punya tempat sendiri-sendiri jadi jarang sekali ngebaur dengan mereka. Kalo di sini, ya kita selalu bersama dalam menunggu pasien dalam melayani pasien. Di sini, mereka selalu bersedia membantu, kalo ada pasien baru mereka mau bantuin nensi, ngukur-ngukur, dsb. Kalau pasien ingin buang air kecil, mereka siap sedia bawain pispot, mereka juga selalu bersih-bersih pasien dan tempat tidur.

Saya yang memang biasa wara-wiri di Kariadi, biasa menjadi pelayan ibu hamil, biasa untuk disuruh-suruh. Jadi, agak aneh rasanya hanya diam dan melihat mbak-mbak itu yang murni ngelayanin pasien. Aneh juga rasanya kalau pasien ingin buang air kecil terus saya malah menyuruh mereka ambil pispot. Berasa apa aja kalau sampai saya melakukannya. Ya, kalau pas saya yang mendengar pasiennya minta buang air kecil, ya otomatis to saya pula yang ambilin pispot. Nah, ternyata saya dianggap aneh. Kata mereka, ‘itu biasanya kita mbak yang ngerjain.’ Saya ketawa mendengarnya, terus saya bilang aja, ‘saya sudah biasa, mba, melakukan ini.’

Sebenernya, banyak lagi cerita-cerita kita bersama mereka. Cerita tentang tugas bidan, cerita tentang sekolah kedokteran. Yah saling sharing aja. Terus, paling sebel kalo mereka udah tanya-tanya patofisiologi, haha. Pasti aku juga bingung sendiri, sama-sama nggak bisanya soalnya.

Senengnya lagi, di sini, kami akrab dengan para CS nya. Karena keseharian kita sama mereka juga sih ya. Aku suka melihat kerja keras mereka, benar-benar maksimal banget dalam menjadikan VK RS ini menjadi tetap bersih, wangi, dan tetap adeeem.. hehe.. Suka banget pokoknya sama VK RS ini, bener-bener bagus walaupun untuk pelayanan kelas III nya. Acungin jempol!!

Tapi, agak tidak suka dengan beberapa petugas OK nya. Apalagi kejadian pagi hari ini yang... hampir membuatku menangis. Yah, tapi itu bisa menutupi semua kebaikan di Rumah Sakit ini kok, hehe..

7 comments:

  1. Selain satpam, dokter muda juga sebenarnya berbakat jadi cleaning servis, bidan, pustakawan CM dan sekretaris(staf ahli) dokter spesialis.C#

    ReplyDelete
  2. harus tahan banting, kalo ada yang 'sesuatu'

    ReplyDelete
  3. dulu pas bulik ama simbah di RS aku juga familier dengan pispot.. hehehe

    pispot buat wanita lagi.. kan lebih ribet tuh.. haha

    ReplyDelete
  4. hehe.. awalnya bingung.. tapi nerko2 ae cara makene.. akhirnya lama-lama makin mahir melayani dengan pispot.. hihi..

    ReplyDelete
  5. hehe.. iya.. asal jangan dibanting beneran aja.. bisa benjol2 ntar.. :)

    ReplyDelete
  6. jaman dulu sekali, jaman ibu saya, co ass wajib bisa ngepel, bersihkan spoelhok, bersihkan muntahan dan BAB. Apalagi kalau 'cuma' ambilkan pispot. Kalau jaman saya co ass, soal bersih2 belum dikerjakan CS, melainkan oleh paramedis sendiri. Ada juga lho, perawat yang gak bisa ngepel dengan metode tangkai panjang itu. Dan dari mereka juga saya belajar sistim mengepel ruangan RS yang kelak saya ajarkan pula kepada para bidan muda (jaman sekarang)

    ReplyDelete