Sunday, October 9, 2011

Rasanya... Saya Belajar..

Rasanya..
Baru kemarin saya menginjakkan kaki di UGD kebidanan, anamnesis dan pf pasien baru datang.
Start yang mengagetkan tanpa skill yang cukup.
Bak orang buta yang sedang berjalan saja, meraba-raba..
Jadi belajar banyak hal untuk bekal selanjutnya.


Rasanya..
Baru kemarin saya keliling bangsal, mendata, memotivasi, menawarkan penggunaan KB pada pasien-pasien antepartum, menyuntikkannya bila mereka ingin KB suntik.
Bak penjaja KB saja..

Rasanya..
Baru kemarin saya standby setiap malam selama seminggu di kamar bersalin, diremes-remes ibu hamil, ngambilin pispot, ngambilin minum, manggilin keluarganya, nyuci plasenta.
Bak pelayan ibu hamil saja..

Rasanya..
Baru kemarin saya datang pagi-pagi buta dan pulang saat senja hampir menjelang, memfollow up pasien-pasien yang sebagian besar dengan keganasan, membuat CM baru mereka, disuruh-suruh ke sana kemari, konsul-konsul, EKG, pinjam CM, disalah-salahi.
Bak pelayan residen dan bidannya saja..

Tapi, harus saya akui, saya belajar banyak dari ini semua. Justru dari mereka semua saya mendapatkan ilmu.

Namun.. begitu banyak kesempatan untuk belajar hilang hanya karena saya kelelahan. Miris sekali rasanya.

Dan saya belajar untuk tetap bertahan di step berikutnya..
Senior!! Senior atas indikasi waktu..


3 comments: