Friday, June 24, 2011

[Jogja] In a Moment..


Pujokusuman itu apa si? Ada yang tau?

Mengatasnamakan 'mencari kenang-kenangan untuk pak lurah' setelah kurang lebih satu minggu kita menggunakan rumahnya di desa gandusari, krajan I.. seperti rumah kami sendiri rasanya.. udah gitu dapet makan 3 kali sehari pula.. betapa nikmatnya bukan.. di Semarang, syukur Alhamdulillah bisa makan 3 kali!! tanpa perlu mencari keluar pula.. hohoho.. tinggal keluar kamar, makanan terhidang di meja makan.. enak-enak lagi makanannya.. apalagi sambelnya itu.. mantab!!

Sambelnya dikasih gula merah, cita rasa yang unik sekali.. Oiya, satu lagi, makan di tempat pak lurah ini tidak pernah dijatah, jadi kami sepuasnya bisa menghabiskan makanan-makanan itu.. Kalau di Bapelkes dan di Mlonggo, makan kami terjatah, kalau tidak nanti ada yang tidak kebagian, hehe..

Yap.. kembali ke cerita awal..

karena itu semua, kami ingin sekali memberikan sedikit saja sebagai tanda terima kasih kami semua untuk pak Lurah..

Hari-hari terakhir di desa, menjelang kembali ke Salaman, setelah intervensi terakhir kami, 'revitalisasi FKD di desa Gandusari'
terceletuk sebuah ide, dari salah seorang dari kami,

'cari di Jogja aja yuk!!'

langsung pada meng-iya-kan deh.. siang itu juga, kami berlaju ke Jogja.. bersembilan kita ke Jogja.. naik mobil Hanin dan Gisda, untuk keselamatan kami bersama, maka saat itu Joanie (jeepnya Gina) harus ditinggal..Terakhir Gina nyetir mobilnya Gisda, besoknya Joanie cemburu dan mogok, haha..

Sepanjang perjalanan, saya diperkenalkan dengan berbagai jeep dari berbagai generasi, setiap nemu jeep di jalan, Gina dengan bangganya menyebut nama mobilnya lengkap, mpe tahun keluarnya.. *pertahankanlah hobimu, nak! haha..
cerita tentang Jeep, jadi inget berentet kejadian unik Gina vs Jeep selama IKM kami.. Mungkin kalo diceritain g habis2 ntar.. mulai dari Jeepnya yang gelinding saat diparkir, sampe tiang penyangga antara steer dan roda patah ketika perjalanan pulang dari Jepara ke Semarang.. kalo saya ambil kesimpulan, Gina ini lebih sayang Joanie dari pada dirinya sendiri.. hehe..

Oiya, Jogja..

Tujuan kami Malioboro.. ke 'Mirota Batik'
sampai di sana, kami solat ashar dulu, terus istirahat sejenak di House of Raminten.. aku nyeduh wedang.. *kemana-mana, pasti aja aku mesen wedang jahe!! seger banget, angetnya wedang jahe itu.. setuju?! Ada yang mesen mendoan juga, aku icip2.. enak mendoannya..

Terus mie nya itu katanya enak, mengalahkan mie pak Broto dan pak Prenjak versi Magelang.. *jauh-jauh ke Jogja, lagi-lagi kami hunting mie! sengaja maupun tidak sengaja.. IKM Magelang=Hunting mie! haha..

Aku dan Ana akhirnya mesen juga, seporsi berdua, di detik-detik terakhir kami.
Lama menunggu pesanan kami, yang lain duluan ke Mirotanya nyari kenang-kenangan buat pak lurah. Kami, masih menunggu, sampai akhirnya kami sudah tidak sabar, dan ternyata, benar saja, belum dibuatin.. kami cancel saja pemesanan kami itu.. Jadi, tidak kesampean deh icip2nya.. hehe..

Kami susul yang lain.. tadinya mau dibeliin topeng dalam figura, tapi banyak yang g setuju soalnya serem katanya, aku si belum liat wujudnya.. Lalu, aku cari-cari, aku nemu wayang-wayang mini dalam pigura, ternyata semua pada setuju, jadi deh kita beliin ini buat pak Lurah..

Setelah itu, kita bingung, rasanya belum pengen pulang, masih pengen jalan-jalan, tapi hari sudah semakin gelap, tempat mana lagi yang bisa kita kunjungi malem-malem.. Jadi, di depan benteng, kita cuma g jelas, terus sepertinya abis ada acara, ada nasi kucing raksasa, kita datengin deh, ternyata acaranya juga udah selesai.. kita juga cuma pengen numpang foto, sambil memutuskan kita akan kemana.. hehe..

Lalu, terbesit sebuah ide, berhubung sudah magrib, kita putuskan untuk solat di Masjid Agungnya saja, sekalian ke alun-alun.. kita jalan saja, sambil menikmati suasana malam Jogja.. (khusus untukku, sambil hunting foto! haha.. dintara yang lain, aku paling sibuk sendiri dengan kameraku..)

Grace dan Ana setia menunggu kami solat, hehe..
seusai solat akhirnya kita memutuskan untuk langsung pulang saja, makan di Jejamuran.. *hwaaaaa.. akhirnya.. kesampean juga cita-citaku.. Terima kasih teman-teman.. telah memilih jejamuran sebagai tempat makan malam kita.. hehe..

Lalu, kita balik ke parkiran di benteng verdenburg, lewati alun-alun, itu juga sambil nyari-nyari dimana alun-alun kidul nya.. katanya di sana ada sepeda ontel, pada pengen naik juga, tapi karena sudah malam, dari pada mencari tidak jelas, akhirnya kami putuskan untuk langsung pulang saja.. Makan malam di Jejamuran..

Terusan, di depan benteng, nemu es krim goreng, pada penasaran gitu.. terus kita semua ditraktir Grace deh.. hehe.. Terima kasih Grace..
Oiya, aku pikir es krim goreng itu yang digoreng pake tepung klo g roti, eh ternyata ini digoreng pake karamel panas, jadi dice;upin ke karamel panas gitu.. Aku jadi inget, ini mah jajanan jaman aku SD dulu sepertinya..hehe..

Sampai di Jejamuran, kita pesen beraneka ragam cita rasa masakan jamur, mulai dari sate jamur, pepes jamur, rendang jamur, gulai jamur, rica-rica jamur, telor jamur, jamur krispi, dsb.. Kita pesen buat bersama, jadi bisa icip2 macem2..

Disini juga ada budidaya Jamurnya, aku penasaran, jadi aku liatin dan kufotoin jamur-jamurnya.. ada jamur kancing, kuping, tiram, shitake, terus apa lagi ya... hwaaa.. pengen bisa mengelola rumah makan yang kek gini.. *aku suka jamuuuur.. hehe.. tidak lupa beli kripik jamur..

4 comments: