Friday, June 3, 2011

Perilaku Hidup Bersih Sehat

Mari budayakan perilaku hidup bersih sehat. Mulai dari diri sendiri dan kemudian mengajak saudara, teman, dan tetangga kita untuk mau memulai hidup sehat. Banyak penyakit yang bisa dicegah dengan perilaku kita yang sehat dan bersih.

Penyakit-penyakit lainnya yang menular lewat fekal oral (penularan melalui makanan dan pencemaran tinja) bisa dicegah dengan memutus transmisi kuman dari tinja hingga sampai masuk ke dalam mulut. Hal tersebut bisa dilakukan dengan membuat tinja jangan sampai tercecer, dengan membuang tinja pada tempatnya, yaitu dengan BAB di jamban dan pembuatan jamban yang harus sesuai dengan standar, dimana jamban yang digunakan adalah angsatrin dan septic tank harus jauh dari sumber air bersih (sumur), kurang lebih jaraknya 10 meter. Kemudian, mencegah agar jangan sampai kuman tersebut ada yang masuk ke mulut dengan mencuci tangan sebelum makan memakai sabun dan selalu menutup makanan agar tidak terjadi transmisi kuman dari tinja yang melalui lalat.   Mudah saja bukan? 

Penyakit diare contohnya, sebenarnya bisa kita cegah sebelum menjadi fatal hanya dengan mencuci tangan menggunakan sabun dengan benar. Ada tujuh langkah cuci tangan yang benar. Memakai sabun, menggosok telapak tangan, kemudian sela-sela jari, lalu punggung tangan, ibu jari kanan dan kiri, punggung jari, membersihkan kuku, dan diakhiri dengan pergelangan tangan.

Kemudian ISPA, bisa kita cegah dengan keadaan rumah yang bersih dari debu, cukup cahaya, dan sirkulasi udara yang baik, salah satunya bisa dengan membuka jendela rumah kita. Dan masih banyak penyakit lain yang bisa kita cegah dengan perilaku kita yang sehat dan bersih.

No comments:

Post a Comment