Sunday, July 10, 2011

IKM Jepara: Seri POA Travelling

Di Jepara ini tidak begitu banyak cerita jalan-jalanku. Jika ditanya, "di Jepara kemana aja?" Maka, aku akan menjawab, "jalan-jalan dari rumah ke rumah di Desa Mambak dan Suwawal Timur, ngobrol dengan ibu-ibu setempat."

2,5 minggu di Jepara, hanya sempat ke Pantai Bandengan sekali dan hampir sampai ke Air terjun Songgo langit. Kenapa hampir sampai, karena baru sampai desa Cepogo, kami sudah nyerah. Kami cuma berempat, perempuan semua, dan perjalanannya menuju Songgo Langit itu suepiiii banget,udah sore juga. Padahal 10 km lagi, sedang kami memperhitungkan waktu untuk kembali ke markas bisa-bisa sampai matahari tebenam. Jadilah, kami memilih untuk memutar arah, dan pulang. Setidaknya sudah tau arah ke sana, jadi ntar kalau mau jalan-jalan bareng yang lain kita sudah tau lah.

Dari sederet, POA travelling yang dibuat oleh kakak-kakak yang sebelumnya telah menignjakkan kaki di bumi Mlonggo untuk IKM ini, hanya segelintir tempat yang sanggup aku didatangi.

  • Karimun Jawa: rencana sekedar rencana..

  • Pantai Bandengan: Alhamdulillah kesampean, ini deket hanya setengah jam dari markas P2UKM Mlonggo. Hari ketiga di Mlonggo, rombongan pada ke pantai. Saat, sudah siap berangkat, saya dikejutkan oleh kedatangan saudara saya yang tinggal di Jepara, jadi minus saya, semua teman-teman pada main-main di Bandengan. Besoknya, saya penasaran sama pantainya, jadilah saya ditemani Gisda yang baik hati, main-main sebentar ke pantai ini. Hehe.. Makasih ya Gisda..


  • Pantai Kartini: Ada kura-kura raksasanya, katanya si biasa aja, terus lumayan jauh di Kota Jepara, jadi kita pada males juga ke sini, selain memang agak sulit ngatur waktu.

  • Pantai Mpu Rancak: ini juga pantai yang ada di Jepara, tidak begitu jauh dari P2UKM Mlonggo, tidak sempat juga ke sini.

  • Pantai Bondo: sama pantai ini juga salah satu pantai yang membentang di Jepara dan lokasinya tidak jauh dengan P2UKM Mlonggo. Tapi, saya pribadi tidak sempat menginjakkan kaki di sini.

  • Benteng Portugis: ini agak jauh lokasinya, katanya membutuhkan perjalanan kurang lebih 1,5 jam untuk mencapainya. Boro-boro ke sana, ke Air Terjun Songgo langit saja yang lebih deket tak sempat menjangkaunya.

  • PLTU: gagal juga.. gda yang mau diajakin ke sini, abis kurang menjanjikan. Cuma bagus buat foto malem, dan teman-temanku mana ada yang tertarik. Kalo sendirian tidak mungkin soalnya kan mesti malem dan cukup jauh.

  • Air terjun Songgo Langit: nyaris..ris.. ris.. 10 km lagi. Kami sudah tiba di desa Cepogo, tapi kami putar arah. Sudah sore dan jalanan sepi, jaraknya juga sudah ada 15 km dari Mlonggo. Karena ini negeri orang, tak berani ambil risiko kami cewek-cewek ini.

  • Air Terjun Jurang Nganten: di Desa Tanjung Kecamatan Pakis Aji. Padahal ini harusnya dekat dengan wilayah kerja kami. Tapi, kebetulan tidak ada yang dapt di Desa Tanjung, jadi jurang nganten lupa didatangi, juga dikarenakan tak ada waktu.

  • Kuliner penduduk Desa Cepogo: berhasil! Tapi mengecewakan. Haha.. Dalam pikiran bener-bener kuliner makanan khas Jepara gitu,, eh taunya, pondok-pondok dipinggir jalan, jual jagung bakar, kedelai rebus, dan ubi rebus. Jauh-jauh kami menjangkaunya, kalau itu semua bisa kami peroleh tanpa harus menempuh perjalanan jauh 15 km dulu. Kalau sambil jalan ke tujuan tertentu, terus mampir ke sini okelah, tapi kalo hanya untuk mencari ini semua, rasanya tidak perlu segitunya. Hehe.. Pelajaran yang dipetik: jangan benar-benar mempercayai POA travelling 100%.

  • Kuliner Maribu: jadi inget, waktu listrik di asrama mati dari siang, padahal kami pun baru kelar pelaksanaan tugas kami, kemudian malamnya harus sudah jadi laporannya. Pas banget listrik mati, batre leptop semakin kritis, jadilah kita berbondong-bondong mencari listrik ke Jepara. Salah satu sasaran kita adalah Maribu ini. Haha.. Heboh banget, sampai-sampai ada sekelompok orang yang berkata pada kami, “lagi ngerental komputer ya..” hedeeeeeh.. ini darurat! Wkwkwk.. Maribu ini yang punya alumni Undip juga, jadi kalau makan di sana kita-kita dapet potongan 5%. Dan hebatnya, mas-mas dan mba-mbanya tau aja, kalo kita ini rombongan Undip. Hehe..

  • Kuliner Geulis: ini makanan sunda. Enak lah kata aku mah dan harganya masih standar, tidak seperti maribu yang lumayan mahal. Kalo hari minggu, kita g dimasakin, jadi mencari makan sendiri, kebetulan, gisda butuh sinyal internetnya, kalo di Mlonggo agak kesulitan, jadi kita ke Jepara, makan sekalian nyari akses internet.

  • Kuliner Bakmi Bandung Matahari di deket alun-alun: hari Rabu, hari keempat di Mlonggo, Jepara. Penasaran sama bakmi matahari, kita juntrungi deh tu tempat, walaupun tidak tau pasti tepatnya, kami cari-cari aja. Tanya kemana-mana. Akhirnya nemu juga ni tempat. Nyicipin bakminya, sama nasi goreng teri medan. Nasi gorengnya enak. Bakmi bandungnya ya seperti bakmi bandung pada umumnya.

  • Kuliner Flaminggo: ini ada di POA, tapi belum sempat kami cari.

  • Kuliner di Krimun Jawa: apaan gitu namanya, lupa.. dan tak sempat kami datangi.

  • Kopi di depan Puskesmas Pakis Aji: tidak minat, jadi tidak mencari tau.

  • Jepara Shoping Center: di deket alun-alun Jepara, setiap malam ini menjual aneka ragam makanan, mulai dari makanan laut sampe bakso dan pempek pun ada. Katanya bakso ulek di alun-alun ini enak. Tapi, belum nyobain. Nyobain kerang dan kepiting yang di jual di sini, lumayan.. tapi g seenak kerang dan kepiting pak ndo di belakang BI Pleburan, Semarang.

  • Bakso ulek: diajakin ke bakso ulek dideket rumah temen kami yang orang Jepara, gtau nama tempatnya. Awalnya penasaran sama bakso ulek. Tapi setelah memakannya, nggak lagi-lagi deh. Nothing special with the taste! Sama aja kek bakso pada umumnya. Waktu aku tanya kenapa namanya bakso ulek, terus kata yang jualnya, “karena sambelnya diulek” jyaaa.. iyalah ya.. yang namanya sambel mah emang diulek. Hehe.. tapi bolehlah.. alasan diterima. Baksonya ini agak berbeda, pake tahu yang dipotong-potong dan pake kupat.

  • Martabak Mesir di deket alun-alun: ini nih enak banget.. 10.000 aja. Bisa dimakan beramai-ramai. Enak! Karena saya suka martabak mesir kali ya.

4 comments:

  1. mantap...wisata kuliner terusss ^___^

    ReplyDelete
  2. hihi.. iya..
    soalnya kalo hari minggu g dimasakin jadi kita nyari makan keluar.. sekalian dimanfaatin buat nyari makan enak.. hehe.. :)

    ReplyDelete
  3. enak benerr.. haha.. aku mah maemnya itu2 aja

    ReplyDelete
  4. itu yang iga, makanannya temenku kok.. hehe.. tak upload juga aja biar banyak.. hehe..
    lumayan aja haya..
    wuiii.. masakan haya juga ketok enak2nya kok..masak sendiri pula.. lebih puas mesti.. hehe.. :)

    ReplyDelete