Wednesday, November 2, 2011

Hari Keempat di Puskesmas: It's About My Exam!!

Hari ini, hari keempat saya di puskesmas. Pagi-pagi bangun dan siap-siap untuk ke puskesmas, ke poli KIA buat membantu bidan-bidan ANC. Hari ini, poli tak seramai hari Senin maupun Selasa kemarin, udah gitu kami sekarang berdua. Hari Rabu pun hari kunjungan residen Obsgyn ke puskesmas. Ternyata, minggu ini yang jadwalnya ke puskesmas adalah bedsideku waktu ujian. Beliau lupa, kalau saya adalah coass yang beliau bedside-in.

Saat, agak longgor, kami berbincang-bincang. Kemudian, beliau bertanya pada teman saya dulu, “udah ujian?”

“sudah, pak”

“dengan siapa?”

“dr. ST, Sp.OG”

“wah, enak tuh, yang kasian itu yang saya bedside-in, dengan dr. M, Sp.OG”

Hwaaaa…bapak, tidak taukah itu sayaaaa.. teriakku dalam hati.

Temenku langsung bilang, “lah, ini pak anaknya”
Saya pun menambahkan, “kan saya, pak. Saya g lulus ya pak?” saya langsung menembak. Saya sudah tidak muluk lagi sekarang, saya sudah mulai pasrah dan menyiapkan diri untuk menerima apapun yang terjadi. Hanya harapan yang masih terselip.

“saya kurang tau ya, soalnya beliau kan emang tipenya begitu, kalau ngasih nilai diumpetin, saya tidak tau sama sekali. Yah, berdo’a saja semoga bisa lulus. Soalnya memang kalau sama beliau sejarahnya belum ada yang lulus. Cuma satu itu ya.. yang tetangganya kalalu tidak salah.”

Terus saya menambahkan, ”yang kemarin sebelum saya yang dari aceh juga kataya sukses ya pak?”

“wah.. iya kurang tau saya, udah yudisium belum ya. Ya itu, sejarahnya emang susah bisa lulus kalau sama beliau. Jadi, ya siap saja sama banyak-banyak berdo’a, memang tidak ada yang bisa memprediksi beliau. Yang saya tau memang kalian baik-baik semua, makanya mendikbudnya juga bingung menentukan penguji. Dr. M minta nguji satu coass, yang dapet beliau ya memang harus siap semua. Saya juga, tugas akhir sama beliau, dan itu selesainya lama sekali. Teman-teman saya yang lain bisa lulus cepat, sedangkan saya harus berlama-lama, tapi ya saya terima saja, memang sudah seperti itu jalannya.”

“hm.. iya pak. Bapak memang lebih konsen di ginekologinya ya dari pada obstetri?”

“bukan gitu, beliau yang langsung nunjuk saya terus bilang ‘kamu berani g KI sama saya’. Kalau begitu ceritanya, saya mau ngomong apa lagi.”

Saya hanya tertegun. Dan ntahlah, saya memang lebih siap untuk menerima segala keputusan yang Allah berikan padaku. Aku tak semurung minggu lalu ketika membahas ujian. Aku tak tak selemes minggu lalu, ketika mengetahui supervisor-supervisor lain yang turun untuk menguji. Saya lebih siap menerima kenyataan, kalau orang-orang yang cumlaude pas S1nya pun tidak lulus ujian dengan beliau. Tapi, ternyata ada juga ceritanya yang biasa-biasa saja, bukan kenalan ataupun punya ikatan, tetep bisa lulus ujian dengan beliau. Yap, semua adalah kuasaNya, jadi memintalah padaNya. Iya bukan? Saya lebih bisa menerima. Hm.. ya.. inilah yang terbaik untuk saya. Saya harus yakin itu. Dan saya tetap berharap harapan kecil itu tentang sebuah kelulusan dari stase ini. Dan saya percaya, Allah yang memiliki kuasa atas semuanya. Hanya kepadaNya kuberserah.

No comments:

Post a Comment