Friday, May 1, 2009

Kisah Dibalik Pisang

Cerita ini berawal dari kisah perjalanan saya dalam melaksanakan tugas siang kemarin. Jadi, ceritanya saya bersama seorang teman pergi ke pleburan untuk menransfer uang yang akan dipergunakan untuk keperluan pendelegasian. Kemudian ketika pulang, kami harus berjalan terlebih dahulu untuk mengakses angkot yang menuju ke tempat tinggal kami, yaitu kawasan kariadi. Saat kami berjalan di trotoar,kalo emang bisa saya sebut itu sebagai trotoar, karena hanya berupa bahu jalan yang sempit saja, saya melihat sesosok orang tua renta dengan dua buah bakul jualannya  sedang rehat sebentar. Tak sengaja mata saya menjurus ke arah bakul jualannya, ternyata berisi PISANG!! Waw like it! Hati saya spontan euforia melihatnya, ditambah lagi dengan perut kosong yang dari pagi hanya saya isi dengan sebuah arem-arem + gorengan yang saya beli dikampus usai ujian jiwa.
Secara spontan saraf sensorik dari mata saya meneruskan impulsnya ke otak, lalu otak saya dengan cepatnya memerintahkan seluruh anggota tubuh untuk berhenti dan membelinya.(Sebuah kerja otak yang Subhanallah)

terlihat begitu banyak pisang yang dijualnya, tapi hanya satu genus pisang yang dijual, he..kalau itu bisa dibilang genus.., yaitu pisang raja dengan dua spesies yang berbeda..ada raja palembang dan ada raja susu.. dua2nya pisang favorit saya. saya pilih yang pisang raja susu karena harganya yang relatif lebih murah. Ketika saya tanya harganya, bapak2 itu langsung berkata, "saya kasih 5000 saja buat mbanya" Hm..ntah itu emang harga normal atau tidak saya tidak tahu, yang pasti yang saya tahu itu harga yang murah untuk sesisir pisang yang gendut-gendut dan banyak buahnya. ketika saya mengantar ibu ke pasar untuk beli pisang, biasanya sulit sekali untuk mendapatkan pisang seharga 5000.
Jadi, waktu aku mendengarnya aku langsung percaya! muka bapaknya yang memancarkan keramahan dan kesejukan pun membuat saya terhipnotis untuk segera membelinya..

Ketahuilah teman pisang ini sangatlah sehat. Pisang sangat kaya akan gizi yang penting untuk kesehatan kita, diantaranya 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 mg, serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, vitamin A 44 RE, vitamin B 0,08 mg, vitamin C 3 mg dan air 72 gram. selain itu juga pisang mengandung mikronutrient lainnya, yaitu 1 mg kalsium, 35 mg fosfor, 1 mg zat besi, 503 mg potassium, dsb. banyak kan?

Kandungan gizi yang terkandung itu bisa bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup kita. Misalnya saja, kalorinya yang tinggi dapat melengkapi kebutuhan kalori kita per harinya. Buah pisang ini dapat dengan mudah dicerna dalam usus karena pisang ini mengandung monosakarida dan disakarida (sukrosa, fruktosa, dan glukosa) membuat pisang bisa langsung diserap dengan cepat tanpa harus melewati pemecahan karbohidrat polisakarida yang panjang dan lama. Gula-gula yang terkandungan dalam buah tersebut dapat diubah menjadi sumber tenaga secara cepat, dimana tenaga ini dibutuhkan untuk proses pembentukan tubuh, kerja otot, dan aktivitas sehari2.

vitaminnya juga sangat baik untuk kesehatan, seperti misalnya vitamin A yang baik untuk kesehatan mata kita dapat mencegah terjadinya buta senja, atau bahasa kerennya nictalopia. Lalu vitamin B nya juga baik untuk pertumbuhan otak kita, dengan asupan vitamin B6 ynag baik bisa mencegah kita terkena demensia, atau awamnya merupakan penyakit yang mengakibatkan turunnya kesadaran kita, juga menurunnya fungsi kualitas hidup kita. Kandungan pottasiumnya sangat berperan dalam mencegah penyakit jantung, pottasium yang tinggi ini diperlukan untuk menurunkan tekanan darah kita, jadi cocok untuk penderita yang hipertensi dan mencegah terjadinya stroke.

Itu hanya beberapa manfaat yang ada dari buah pisang. Ketahuilah masih banyak manfaat yang bisa dipetik dari buah ini. Telah kita ketahui bahwa tidak ada satu pun hasil ciptaan Allah yang tidak berguna dan bermanfat bagi manusia. Seperti telah dijelaskan dalam ayatNya, artinya:
"Dan Dia-lah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak, berjunjung, pohon kurma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya,zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya), tetapi tidak sama(rasannya) Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah,dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan dikeluarkan zakatnnya);dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan." (Al An'am: 141)

Subhanallah begitu besar ciptaanNya itu. Dia telah memberikan lengkap apa-apanya di dunia ini, untuk kita semua hambanya, tak kurang satu pun. Tapi, "nikmat Tuhanmu yang manakah yang kita dustakan?" Astaghfirullah..

wallahua'lam


13 comments:

  1. hehe..iya..sudah habis neh..hohoho..=)
    terima kasih..

    ReplyDelete
  2. saya termasuk anti vaksinasi...karena banyak mengandung babi, janin bayi dll
    =========================================================
    solusinya ya pake pisang, madu, habbatussauda......mengandung antibiotik dan antibody alami

    ReplyDelete
  3. yang alami2 emang bagus..

    tapi..apa iya vaksin itu mengandung babi n janin bayi??saya baru denger..
    yang saya tahu vaksin itu berisi antigen yang dilemahkan, sehingga ketika antigen itu disuntikkan ke dalam tubuh..maka tubuh akan bereaksi dan membentuk antibody..nah antibody ini yang nantinya akan menjadi pertahanan tubuh kita jika kita terserang mikroorganisme dengan antigen yang telah disuntikkan itu..
    terkadang kita membutuhkannya, karena tidak selalu pertahanan tubuh alami kita bisa menangkal beberapa penyakit, terkadang ada beberapa penyakit yang butuh pertahanan tubuh khusus untuk menangkalnya..itu bisa didapat dari vaksin..
    hal ini pun sifatnya lebih ke pencegahan..
    seperti..vaksin tetanus yang diberikan pada ibu hamil..karena ibu hamil ini sangat rendah daya imunnya sehingga rawan terkena tetanus. juga apabila ibu terinfeksi bisa menyebabkan kelainan pada janinnya..
    lalu, vaksin hepatitis B.. hepatitis B merupakan penyakit yang saat ini sedang mewabah dan juga efeknya yang mematikan bisa merusak hepar,,sebagaimana kita ketahui bahwa hepar adalah organ vital pusat segala metabolisme..
    (mohon dikoreksi bila salah..)

    untuk masalah isinya yang mengandung babi n janin bayi saya belum pernah mendengar..
    jika mas mujitrisno punya infonya yang terpercaya, saya mau dikirimin..

    ReplyDelete
  4. Fabiayyi âlã irabbikuma tukaddziban...

    Subhanallah Walhamdulillah wa la ilaha illallah Allahu akbar. Sayangnya ana ga suka pisang...

    Eh Ima notes di facebookmu (coca cola-daging babi) itu km copy dr blog ya...

    ReplyDelete
  5. yah..pisang kan enak..

    iya..kan aku tulis diatasnya..copy-an dari blog seorang teman..
    temanmu ya jar?

    ReplyDelete
  6. Oowww afwan, aku tak melihatnya. Ho oh dr teman ku itu. Pisang? Ga enak, buah paling lembek menurutku. Hihi...

    ReplyDelete
  7. Aduh...aku phobia pisang..kekeke...C#

    ReplyDelete
  8. cieh, ima,,, rame banget yang koment... hehehe...

    btw, usul boleh ya, ma... pake kata gantinya yang konsisten mbo'an... aku terus ato saya terus,,, gitu... ;)

    ReplyDelete
  9. terimakasih luluk..
    aku butuh banyak saranmu..

    ReplyDelete
  10. Ma, harga pisang mang berapa sekarang??
    hahaaa....
    piss v ^_^

    ReplyDelete
  11. hm..gtw..yang pasti lebih dari 5000 klu bli di pasar pagi c..
    tapi klu di semarang setiap bli pisang aku 5000 terus..

    ReplyDelete
  12. heh dani! komentarin isinya donk..buat perbaikan tulisan2ku ke depannya..malah nanya harga pisang..

    ReplyDelete