Friday, May 29, 2009

sebuah renungan..

bismillah..

di sebuah ruangan yang tidak besar dan juga tidak kecil, cukuplah menampung 20an orang bahkan lebih untuk melakukan segala aktifitas kemahasiswaan. usai solat jum'at, segera beranjak ke tempat ini. sebuah tempat dimana telah diberitahukan semalam sebelumnya akan diadakan acara rutin suatu kelompok. saya tidak boleh telat, harus mencontoh yang baik. lagi pula menunggu orang itu memang tidak enak, maka janganlah menjadi orang yang ditunggu. yups, nyatanya saya telat juga..1 menit dari jam di hp saya, walau menurut teman saya sudah telat bermenit-menit. itu hanya kesalahan teknis, perbedaan jam yang dipakai.
sesampainya di sana, saya kaget, kemana orang-orang? selalu dan selalu saja seperti ini..bahkan sekarang lebih parah! hanya ada koordinator acaranya, penanggung jawab acara hari ini, pembicara, dan tentunya saya! jeglek! kapan ini akan berubah..
rasanya tidak mungin kalau acara ini langsung dimulai, mana orang-orang yang seharusnya berhak mengikuti acara ini, mana orang-orang yang ingin belajar, kami hanya memberikan sarana ini... tapi nyatanya bahkan mereka sendiri pun tidak peduli akan adanya acara ini..

walau kemudian perlahan ada yang datang satu, dua orang..
ada juga yang datang hanya sekedar izin..
banyak pula yang hanya meng-sms untuk izin..
tapi lebih banyak lagi yang tidak ada kabar beritanya..
akhirnya 4L (Lo Lagi Lo Lagi)

rasanya kalau seperti ini terus, ingin rasanya saya hentikan sampai di sini saja..
cukup untuk semua ini..
tidak perlu lagi ada acara-acara untuk mempersaranai mereka dalam memperoleh ilmu yang tidak didapat di ruang kuliah..ataupun membantu mencari peluang-peluang besar dalam berkarya..toh mereka juga tidak menginginkan ini sepertinya..
sama-sama enak jadinya..
mereka tidak perlu meluangkan waktu untuk acara rutin seperti ini, dan kami pun tidak perlu susah-susah mengadakannya..
*itu gejolak hati hitam saya

tapi bukan itu masalahnya..
ada visi dan misi yang lebih besar lagi yang harus dibangun di sini..
dan itu memang tidak mudah..penuh dengan pengorbanan..
bukan mau saya memang melaksanakan ini,,tapi saat ini sudah beda posisinya,,saat ini adalah waktu untuk menjalankan dengan sebaik mungkin..
bukan lagi penyesalan yang muncul..
atau keluhan-keluhan tak berguna..
atau bahkan menyalahkan orang lain..
atau malah kesal pada sekelompok orang..
atau hanya mencari-cari alasan..

cukuplah berusaha dan tetep melaksanakannya sebaik mungkin..
tetap berikan fasilitas itu..
karena walaupun sedikit pasti ada yang membutuhkan itu..
buktinya akhirnya ada juga yang datang..
dan akhirnya pun merasa puas dan mendapatkan ilmu baru..
keakraban pun bisa terjalin..

loyalitas milik sebagian orang saja..
dan orang yang berloyalitas tinggi berhak untuk medapatkan ini..
tapi, jika tidak ada tanggapan, maka bersabarlah sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bersabar.

yang paling penting, jangan sampai engkau melupakan dan menyia-nyiakan amanah yang sudah dipercayakan..
Astaghfirullah..
sebenernya, kalau boleh dipikir-pikir..tidak sanggup rasanya melakukan ini..tapi ini sudah terima, itu artinya harus siap menjalankannya..
jadi, cukuplah ikhtiar sebaik mungkin dan berdoa kepada Allah..lalu setelah itu,,bertawakallah..
sesunguhnya Allah maha mengetahui segala hal..

maafkan saya teman-teman..jika apa yang saya lakukan hanya mengecewakan kalian..dan jauh dari harapan kalian semua...
sungguh, sebenarnya saya ingin memberikan yang terbaik..
ternyata hanya inilah kemampuan saya..
sampe2 saya tidak bisa mejadi figur yang baik untuk kalian..
semoga kita tetap diberikan petunjuk jalan yang lurus..aamiin..

No comments:

Post a Comment