Saturday, January 15, 2011

Misoa


Description:
Ini makanan favorit aku..
sering dijual bersamaan dengan aneka gorengan lainnya, biasanya misoa ini lebih mahal dibandingkan dengan gorengan jenis lainnya, jadi saya agak jarang juga membelinya.
Akhrinya, pulang kali ini aku mencobanya untuk ikut membuat bersama ibu..

sebelum digoreng, wujud misoanya bisa liat di foto kiri atas. Sedangkan gambar yang dominan itu misoa yang setelah digoreng.

setelah bahan-bahan dipersiapkan, ibu ninggalin saya buat bikin sendiri. Dengan pede nya aku bilang, "sip, ima aja"
taunya..hampir saja saya gagal, saya lupa, memasukkan bumbu halusnya pada tumisannya. *doeng..dooeng..
Alhamdulillah otak saya masih bisa berpikir, jadi saya tumis sendiri deh bumbu halusnya kemudian saya campurin dengan bahan lainnya. haha..

Ingredients:
misoa
air daging
air matang (1 bungkus mi = 3-4 gelas air)
wortel, potong tipis-tipis kaya korek api.
daging, cincang halus
bawang putih, iris halus
bawang merah, iris halus
bawang bombay, iris halus
bumbu halus (bawang putih, bawang merah, merica, garam)
daun bawang, iris halus
cabai, jika suka, iris halus
telor unutk menggoreng

Directions:
1. tumis bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay, lalu masukkan bumbu halus. aduk-aduk hingga matang.
2. masukkan cabe, daun bawang, wortel. aduk-aduk sampai matang.
3. masukkan daging cincang dan tambahkan air daging dan air matang ke dalamnya. aduk hingga mendidih.
4. masukkan misoa ke dalamnya.
5. aduk-aduk terus sampai air habis.
6. setelah air habis terserap, taru dalam loyang cetakan. misoa dimampatkan.
7. letakkan di kulkas supaya mengeras.
8. potong-potong menjadi bagian kecil-kecil.
9. cemplungkan ke dalam telur terlebih dahulu sebelum di goreng.

5 comments:

  1. dan mesti bisa ditukar 4 gorengan di warteg buat makan pagi dan sore...haha..C#

    ReplyDelete
  2. dan mesti bisa ditukar 4 gorengan di warteg buat makan pagi dan sore...haha..C#

    ReplyDelete
  3. tergantung..klo hrg gorengannya 1 nya 500 berarti iya..hehe..

    ReplyDelete
  4. sayangnya harganya 2000 dapet 3...


    T.T

    C#

    ReplyDelete
  5. haha..berati bedaaa..hihi..
    tergantung juga si belinya dimana.. :p

    ReplyDelete