Monday, January 3, 2011

[Resep] Mie Kari


Mie buatan ibu..
Rasanya mantab deh! Cita rasa yang baru saya temukan. Biasanya kan mie itu dibuat mie goreng, mie rebus, mie bakso, mie ayam, dsb. Tapi ini, dibikin pake kuah kari. Ibu sendiri belajar dan dapet resepnya dari adeknya. 2 kali ini aku dibikinin mie kari sama ibu. Pertama kali nyoba, aku jadi berpikir, suatu saat pengen deh bisa bisnisin makanan ini. hehe.. 8)

Ibu itu bukan orang yang pandai memasak, tidak seperti adeknya, tapi jika sudah niat, beuh..makanan apapun jadi juga. Benar-benar sebuah kebahagiaan saat bisa pulang. Bisa pulang aja udah syukur Alhamdulillah, ditambah lagi dibikinin mie kari sama ibu, benar-benar liburan yang mantab!

Sayang sekali, saya tidak ikut membuatnya, padahal pengen bisa. Malah saya cuma disajikan dalam bentuk sudah jadi. Saya protes sama ibu, tapi si ibu cuma bilang, "tenang aja, adek pasti bisa buatnya." *ngek..ngeeeekk... Jadilah, saya cuma minta resepnya, tanpa berlatih atau melihat cara membuatnya. Dan ternyata berkesan sangat ribet sekali!

Bahan:

  • Minyak untuk menumis.
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Bawang bombay
  • Bumbu kari bubuk, campur air.
  • Santan ¼ kelapa.
  • Daun kari.
  • Garam
  • Gula
Bumbu halus:
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Cabe
  • Jahe
  • ketumbar
  • Jintan
  • cengkeh
  • Kayu manis
  • Pala
  • Bunga lawang
  • Garem
Isi: (sesuai selera)
  • Udang
  • Jamur kancing
  • Bakso ikan
  • Ayam/Daging
Campuran:
  • Mie telor
  • Sawi hijau
  • Daun bawang
  • Bawang goreng
  • Cabe rawit potong kecil

Cara membuat:
  1. Giling bumbu halus
  2. Tumis bawang putih, bawang merah dan bawang bombay, lalu masukkan bumbu halus.
  3. Campurkan bubuk kari dengan air lalu tuangkan ke dalam tumisan, aduk-aduk.
  4. Masukkan bahan-bahan tembahan, udang, bakso ikan, ayam, jamur kancing, dsb (sesukanya).
  5. Tambahkan air lagi dan masukkan santan.
  6. Aduk-aduk, tunggu hingga matang. Cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang dan beri gula bila perlu.
  7. Siapkan, mie telor dan ditambah sawi hijau di mangkok, lalu tuangkan kuah karinya.
  8. Taburi dengan daun bawang dan bawang goreng diatasnya. Tambahkan cabe rawit potong bila perlu.

5 comments:

  1. saya tidak ikut menikmatinya..

    *krucuk-krucuk

    C#

    ReplyDelete
  2. hehe.. menikmati fotonya saja kl begitu.. :p

    ReplyDelete
  3. mm.. ada layanan pesan-antar ngga? :D

    ReplyDelete
  4. wah.. boleh jg tuh idenya.. hehe.. tpi utk saat ini tdk melayani dl kak.. hnya utk knsmsi pribadi, hehe.. :p

    ReplyDelete