Thursday, August 11, 2011

::Bunga Lantana Camara:: It's a Life!

"together with some variant behavior and outlook,
 it's such a life"


Seperti halnya bunga ini, bunga liar yang tumbuh di hutan, semak belukar, dan sawah. Bunga Cente atau Bunga Lantana camara. Tetap hidup beriringan satu sama lainnya, dalam satu pohon, walaupun mereka berbeda-beda warna. Hidup harmonis dalam satu ranting, walaupun tiap kelopaknya mereka berbeda. Yup, itulah kehidupan, yang mana diantara keanekaragaman penghuni alam ini, antar spesies bahkan antar individu, dapat hidup beriringan hingga terjadi harmonisasi bahkan terlihat keindahannya.

Sudah selayaknya setiap penghuni alam untuk saling bertoleransi agar dapat hidup beriringan dengan harmonis. Manusia bertoleransi terhadap hewan, agar tidak memburu seenaknya, manusia bertoleransi terhadap tanaman agar tidak semena menebangnya. Hewan dan tumbuhan yang saling bertoleransi, agar keseimbangan alam ini tetap utuh. Hewan makan tanaman, hewan menghasilkan kotoran dan kotoran diperuntukkan bagi tanaman. Simbiosis yang bagus bukan? Hewan yang memberikan manfaat pada manusia, tanaman yang memberikan manfaat bagi manusia. Manusia pun harus menjaganya, itu namanya toleransi, saling mengerti dan saling memahami.

Begitu juga manusia dengan manusia, satu-satunya makhluk hidup yang diberi akal. Sesamanya harus bisa saling memberi manfaat, sesamanya harus bisa saling mengerti dan memahami, sesamanya harus memiliki toleransi, tidak ada yang namanya egoisme diantara individu. Tidak selayaknya saling merugikan satu sama lain. Hidup berdampingan dengan harmonis seharusnya dapat terwujud, menjalankan hak dan kewajiban sebagai makhluk Tuhan, sebagai manusia yang diberikan amanah di bumi ini. Setiap manusia memiliki kepentingan dan harapan maisng-masing. Manusia merupakan makhluk unik dengan spesifikasinya masing-masing yang tentunya tidak sama. Disitulah, maka dibutuhkan yang namanya toleransi, agar dengan segala perbedaan, mereka tetap dapat hidup saling beriringan dengan harmonisasi yang indah.



*gambar bunga Lantana camara lainnya yang ketangkep kamera sakuku..



10 comments: