Thursday, August 4, 2011

Jadi Belajar Kalo Ujian

Kalimat itu.. memiliki banyak arti untukku..

Pertama, ya.. kalo g ujian saya jadi ga ngebaca buku-buku textbook maupun buku kuliah deh. Buku-buku yang sudah menumpuk dan kubeli dengan semangat karena keingintauanku yang besar, tapi tidak ditunjang dengan tingkat kerajinanku yang tinggi. Jadi lah, terserak sekedar terserak di lantai.

Nah, saat ujian akan datang, mulai terdengar geruduknya, mulai terasa hawanya, mulai tersadar ragaku, panik deh yang ada. Beluuuuum bacaaaaaa!! Akhirnya, waktu yang mepet semepet-mepetnya dipakai buat mempelajari segala penyakit yang ada di masing-masing setiap stase dan apa yang terjadi? Selembar demi selembar dibuka, daftar isi yang pertama dicari. Membaca dari atas sampai bawah dengan jeli. Memilah-milah..

“Yang ini.. lewat... yang ini.. hm.. paling jarang keluar.. kalo yang ini.. ah paling juga gda pasiennya. Ini aja ni, sering banget ni dikeluarin dan dibahas..”

Baru deh, buka halamannya dan mulai membacanya. Setelah beberapa menit, waktu semakin mendekati. Hati kembali galau. Mempercepat membaca, ntah ngerti ntah tidak, yang pasti bisa selesai dibaca. Kembali ke daftar isi, pilah-pilah lagi, terus.. terus.. pergolakan batin terjadi, seperti yang sudah-sudah..

“Yang ini.. lewat... yang ini.. hm.. paling jarang keluar.. kalo yang ini.. ah bukan kompetensinya.. yang ini.. jarang paling pasiennya, selama ini tidak nemu.. Nah.. ini aja ni, sering banget ni dikeluarin dan dibahas..”

Kemudian, kembali ku buka.. dan kembali terjadi pergolakan batin setelahnya. Bagitu seterusnya dan seterusnya. Sampai akhirnya, mengambil jalan dengan hanya menghafalkan lembaran-lembaran fotocopian teman-teman yang telah rajin meringkas materi-materi dari buku kuliah tersebut. Ntah buku mana yang jadi sumber. Begitu banyak fotocopian ringkasan yang dibuat dengan isi yang kadangkala berbeda, fotocopian ini bilang dosisnya sekian, fotocopian yang itu bilangnya dosisnya segitu. Nah, mana yang benar? Sesat.. sesat bersama kita. Kalau sempat, disempatin buka buku aslinya, mencari kebenaran fotocopian-fotocopian itu. Kalo rajin si buat ringkesan sendiri, walaupun kenyataannya moment langka 'ima rajin'. Hihi..

Yah.. kalau tidak ujian saya tidak belajar jadinya. Tidak membaca buku-buku textbook itu. Hanya berbekal dari tentiran dan diskusi yang telah berjalan sebelumnya, yang semestinya tidak sekomplit buku-buku kuliah. Tapi, saya memang tipe yang ditentirin baru ngerti ketimbang baca sendiri. Hehe..

Kedua,
Kalau ujian pasien itu kan sama supervisor langsung. Tentunya mereka itu lebih banyak ilmu dan pengalamannya dari residen apalagi koas-koas kek kita ini. Saat ujian pasien dengan supervisor itu adalah suatu moment untuk membuka ilmunya mereka. Begitu banyak pertanyaan yang pada akhirnya membuat kita terbengong-bengong, pertanyaan-pertanyaan yang tak pernah terkuak dalam pembelajaran sehari-harinya kita. Pertanyaan-pertanyaan yang harus digarisbawahi dan perlu diperhatikan. Ntah kenapa, keluar aja dari bibir sang supervisor tersebut. Yah.. ilmu dan pengalaman mereka memang luar biasa. Bahkan pertanyaan tersebut kadang tak sempat terkuak saat beliau mengisi kuliah sekalipun. Karena setiap pasien itu berbeda dan membutuhkan perhatian yang berbeda pula. Apalagi kalau ujiannya sama supervisor yang senang menentir dan berhati emas dalam memberi nilai, hwaaa.. Jadi berasa tentiran bukan ujian itu mah. Hehe.

Selalu saja belajar banyak tentang hal-hal yang baru setiap kali saya ujian. Selalu saja ada ilmu-ilmu baru yang saya dapatkan setiap kali ujian. Walaupun ujian pasti membuat saya seperti orang bodoh yang sangat dangkal ilmunya. Hwaaa.. ternyata butuh kesabaran dalam belajar itu. Semangat terus!!

9 comments:

  1. tentiran itu apa artinya?

    btw, tetap semangat..

    ReplyDelete
  2. tentiran itu kata benda dari tentir.. tentir itu kalo g salah artinya ajar.. kurang lebih si begitu kak..
    jadi, sama seperti kegiatan pembelajaran juga kak, tapi sifatnya nonformal.. hehe..
    monggo dicek kamusnya kak.. hehe.. :)

    iya kak.. semangat juga..

    ReplyDelete
  3. fyuh... sama banget ma..

    harus rajin2 baca buku nih

    ReplyDelete
  4. hoo.. oke2. istilah baru ya. hehe.. semangat lah ya :D

    ReplyDelete
  5. iya haya.. yuk mari tingkatkan kerajinan kita..
    *baca buku kedokteran tapi hay.. soalnya klo buku-buku lain mah udah cukup rajin deh sepertinya.. hihi..

    ReplyDelete
  6. ho.. itu istilah baru ya kak.. aku pikir itu udah umum digunakan.. ternyata nggak juga ya.. hehe.. :)
    oke..oke.. sip deh kak..

    ReplyDelete