Thursday, August 25, 2011

Inikah Rasanya...


Prolog
Sebenernya ini bukan kali pertama saya jualan, tapi ini adalah jualan yang paling bikin berkesan. Dulu sekali, saat saya masih menjadi mahasiswa pre klinik yang sok-sokan mengaktifkan diri diberbagai kegiatan kampus, lumayan sering diposisikan di sie danus, dimana kerjaannya memang mencari uang agar acara dapat berjalan dengan lancar. Jadilah, saya cukup sering berjualan. Pengalaman saya menjadi danus, mulai dari mencari sponsorship berkelana dari satu toko ke toko lainnya, menjual buku-buku dari penerbit yang mau memberikan harga diskon, menjual makanan-makanan ringan yang diedarkan selama proses pembelajaran di kelas maupun diletakkan dari kos ke kos, menjual jilbab yang saya ambil dari bandung. Bahkan, saya pernah mencicipi jualan baju bekas aul-aulan di simpang lima pada hari minggu.

Dan ternyata, dari sekian banyak usaha-usaha yang pernah dijalankan, yang paling menghasilkan adalah jualan baju bekas aul-aulan. Baju bekas kami kumpulkan dari teman-teman kami secara sukarela. Sebelumnya, kami pilihin yang masih layak pakai sekaligus memberikan harga pada baju tersebut, tapi saking banyaknya baju, akhirnya kami memberikan harga secara spontan, walaupun ada beberapa yang sudah kita bandrol terlebih dahulu. Kami bersaing dengan para penjual baju bekas aul-aulan lainnya yang lebih profesional dari kami, tapi kami tetap tidak kehabisan pembeli. Hari pertama kami berjualan, kami langsung mendapatkan empat ratus ribu, saya ingat betul dan saat itu saya terkaget-kaget, karena ini adalah keuntungan yang paling besar yang didapatkan dalam waktu sehari saja, biasanya dari jualan makanan deelel itu susah bener akhirnya bisa dapet sebesar itu.

Ada bakat wirausaha tidak?
Kalo ngomongin bakat, hm.. ada bakat g yah? Yang jelas memang sebenarnya keluarga dari pihak ibu sendiri banyak yang basicnya wiraswasta. Kakek dan nenek saya adalah seorang wiraswasta. Kakak-kakak ibu serta adik-adiknya juga semua berwiraswasta, atau paling tidak nyambi dengan berwiraswasta. Yap, kalau dipikir-pikir hanya ibu yang tidak pernah menjalankan usaha apapun, dan setiap anak-anaknya menyarankan beliau untuk menjalankan suatu usaha, pasti beliau mengelak. Haha. Sepertinya ada trauma tersendiri. Eh, tapi sempet si mengelola koperasi di tempat ayah bekerja dulu bersama ibu-ibu darmawanita lainnya, serta saat ini ikut nanam modal diusahanya temen ibu.

Jualan: Sebagai Alat Pemuasan Hobi dan Pencarian Pengalaman
Dan, sekarang saya belajar berjualan untuk kepentingan pribadi, pemuasan hobi dan pencarian pengalaman. Ini adalah usaha kolaborasi dengan seorang teman satu koasan, Iffa. Produk kita, pertama dipasarin ke teman-teman satu koasan juga pastinya dan sahabat-sahabat terdekat.

Kepada teman sekoasan, teman koas Gimul, dan teman-teman terdekat
Produk kami produk wanita, sedangkan teman sekoasan kami laki-laki semua, Gimana caranya? Kami tidak kehabisan akal untuk tetap menawari ke para lelaki itu, dengan segala bujuk rayu. Gini nih contohnya, “ayooo, Hanin dibeli, buat Arti sama adekmu!” Hanin tidak bisa banyak berkutik, “iyaaaa... pilihin aja mana yang bagus.” Haha.. pasrah sekali dia. Dia ini pengusaha yang kelasnya udah berat, rumah makan yang dikelolanya cukup banyak dan saat ini sedang merencanakan untuk merilis satu lagi rumah makan di Semarang. Oia, tadi Hanin memborong lagi 6 buah bros etnik, tapi request untuk dikemas ke dalam kotak. Katanya mau dikasihin ke saudara-saudaranya. Hwaaaa.. Dagangan kami diborong lagi.

Kemudian, sasaran berikutnya, Hanif, “Haniiif, ayo beli buat adekmu..” “iyaaaa..” lagi-lagi tidak bisa berkutik, tadinya mau ditawarin Hanif, buat dipasarin adiknya di kampusnya, tapi ternyata adiknya lagi sibuk. Dia ini juga sudah berpenghasilan sendiri, gencar usaha dan sangat getol mentranslet jurnal.

Kemudian Gugum, saat kita tawarin, “Gum, ayooo beli, buat ibumu. Kamu kan anak bageur, biar ibu makin bangga punya anak kamu.” Haha.. si Iffa ni yang punya kerjaan, ada aja caranya ngerayu. Tapi, si Gugumiho –begitu kami memanggilnya- ini cuma cengengesan doang. Akhirnya, dengan segala bujuk rayu Iffa, Gugum pun mengiyakan. Yessss!! Hihi.. Tapi, ada syaratnya, harus dikotakin dia baru mau beli. Gugum juga, sering ikut translet jurnal bersama Hanif. Mereka ini pada konsisten kerja dibidangnya, tidak seperti aku yang sukanya ogah-ogahan.

Kemudian sasaran berikutnya, Fanny, teman satu stase Gimul, dia ini bumil yang sangat ceria sekali. Kalo beli produk kami paling royal. Pelanggan yang membeli paling banyak. Seneng deh rasanya. Beli gantungan kunci colorful aja, dia mpe beli 5, gantungan kunci etniknya beli satu, sama bros etniknya dia mpe beli 4! Mantab kan bumil yang satu ini, bener-bener pelanggan setia.

Pelanggan setia berikutnya itu Gisda, dia paling antusias setiap kita menawari koleksi kita. Sepertinya dia tidak ingin mengecewakan sahabatnya mungkin, hehe. Tapi, kalau dipikir-pikir yang kita buat itu memang seleranya Gisda juga. Selera kami berdua memang sering senada. Warna-warna kalem dan tidak ngebling-bling. Gisda ini beli gantungan kunci colorfull 2 buah di saat pertama kali kami bikin dan bahkan itu belum kami jual bebas dan saat ditunjukkin bros etniknya, dia sangat antusias, kemudian dia beli 3, horeeee..

Ada lagi, cerita dengan ibu-ibu pegawai RS kami yang tidak dikenal sebelumnya, hanya gara-gara kami mengeluarkan bros untuk diliatin ke temen-temen saat diacara lomba cerdas cermat merayakan HUT RS kami. Beliau langsung ijo matanya dan meminta untuk melihat serta langsung membeli 2 buah, padahal itu adalah jualan bros perdana dan baru jadi 4 buah bros. Rejeki.. rejeki..

Pengalaman tidak enak juga kami rasakan, pertama kali menjajakan, produk gantungan kunci kami langsung dikatakan ‘kaya anak-anak’, kemudian saat jadi versi kedua malah dibilangin ‘bagusan jadi bros aja’ saat sudah dibuat bros nya, g dibeli juga, hahaha.. Tidak apa-apa.. Tapi, diantara kelompok Gimul yang senior-senior itu, Mba indri akhirnya mau membeli bros sekaligus gantungan kuncinya, asiiik!! Dan beberapa item gantungan kunci pun terjual pada koas-koas stase Gimul. Oia, mba Ivana akhirnya pun ikut membeli satu buah bros etnik. Alhamdulillah..

Door to door, dari kos ke kos
Kemudian, jualan berikutnya, dengan versi mendatangi kos-kosan langsung. Datengin kosan Retno, langsung disambut bahagia, diboronglah 3 item. Alhamdulillah.. terus, sasaran berikutnya adalah kosan Vera, sayang sekali, Andin yang sekosan sedang pulang, Izai yang tetangga kosan sedang bantu-bantu tarling radiologi, akhirnya sasaranku hanya Vera seorang diri. Dan, taukah apa yang terjadi? Saya diceramahin sama dia, haha. Vera ini orangnya emang cerewet si, jadi ya saya telan saja lah kata-katanya itu, bisa dijadikan masukan juga memang. Vera ini juga jauh lebih berpengalaman di dunia perdanusan. Jadi, tidak heran sarannya ini sebenernya efektif dan efisien sekali. Haha.. Tapi, dia tetap membeli 2 item setelah menceramahi saya panjang lebar. Sehabis itu, kami keluar mencari bukaan, di jalan bertemu Bedil, dan taukah apa refleknya setelah saya tawarin bros ini? Tanpa pikir panjang dan tanpa banyak cingcau, dia langsung memilih dan membeli. Saya langsung tertawa dan bilang ke Vera, “ver..ver.. beda banget ya sama kamu. Hihi..”

Epilog
Masih banyak lagi pengalaman lain sebenernya, pengalaman ditolak dengan berbagai cara, pengalaman hanya sekedar dipuji dan dikomentarin hasil karyanya tanpa dibeli, pengalaman dikasihani orang-orang. Saya dan Iffa semangat berjualan juga karena lingkungan kami yang memang mengajarkan. Melihat teman-teman lain yang sudah berpikiran ke arah usaha dan mencari uang sendiri walaupun masih kuliah, sepertinya saya memang harus banyak-banyak belajar dengan orang-orang seperti mereka. Aku bangga dengan mereka-mereka itu. Dan, sampai sekarang, aku masih saja begini, tidak ada perubahan, masih dibiayai ortu, masih belum bisa cari uang sendiri, padahal umur udah setua ini.

6 comments:

  1. yang namanya jualan, harus siap ditolak, hwhw :D
    smangat teruss

    ReplyDelete
  2. Jualan nasi padang...nyam nyam..hehe..C#

    ReplyDelete
  3. hehe.. iya haya...
    semangat!! harus terus semangat sampai periode berjualan ini berakhir.. hehe.. :)

    ReplyDelete
  4. abis itu beli baju baru buat lebaran, hihi

    dapet libur ga?

    ReplyDelete
  5. hehe.. abis ini.. mau fokus di stase-stase setelah ini..

    Alhamdulillah dapet haya.. Stase gimul gda jaga.. hehe..
    haya libur g? obsgyn kan susah ya.. tetep jaga hay?
    semangat ya..

    ReplyDelete