Saturday, June 20, 2009

Al-Kautsar Sabtu Sore

Ika, salsa, ami, putri, puput, adam, kiki, irvan, bofa, yusuf, tria, cantika, farel, elang, slamet riyadi, avi, desi, azizah, sakinah, ridho, novi, laras, farhan, dan masih banyak lagi anak-anak yang tidak kuingat.

Saya ingin sekali mulai mengingatnya satu per satu agar ikatan itu ada, rasa saling percaya, menyayangi dan menghargai pun bisa timbul. Tidak seperti yang saya rasakan selama ini, mereka benar-benar tidak menghargai kami dan benar-benar tidak mau nurut dengan kami. Mungkin pendekatan kami ke merekanya yang kurang baik juga. Setiap sabtu, saya selalu berusaha mengajak mereka yang sedang asik main-main, biasanya mereka bermain juga segerombolan yang ikut ngaji, jadi agak lebih gampang mengajaknya. Yah..walaupun, boro-boro mereka mau denger dan nurut, yang ada mereka selalu cari-cari alasan..”moh ah mba..males ngaji”, “ga enak ngaji tuh mba” “mba e pelit og ngasih nilainya” “mba e pilih kasih og kalo sama yang cewe-cewe” “nanti mba main dulu” “libur si mba..masa ngaji terus..” dan banyak lagi alasan-alasan yang selalu terlontar. Haduh..haduh..saya bingung harus bersikap seperti apa. Sabar..sabar.. Hm..mereka itu sangat bervariasi sifat dan sikapnya, tapi kalau bisa disimpulkan, sangat-sangat membuat lelah, tapi seneng.

 

Nah, sekarang saya ingin cerita tentang farel..

Farel, anak yang masih sangat kecil sekali, hm..2 atau 3 tahunan..belum jelas bicaranya, sehingga butuh usaha ekstra untuk bisa tahu apa yang dia omongkan.

S: “farel..hayu sini..ngaji yu sama mba..”

F: “eh..eh..”(sambil mukul-mukul saya lalu dia nunjuk-nunjuk bukunya)

S: “wah..ini bukunya farel?”

F: “bis..bis..”(sambil nunjuk-nunjuk bukunya dengan bulpennya)

S: “mau gambar bis?” (sambil kebingungan dan berusaha keras mencerna apa yang dia  mau)

F: “heeeee…ni..bis..bis..ni..”

S: “ho..iya iya..sini digambarin”

F: “ni..ni..(sambil nunjuk-nunjuk suatu tempat di bukunya untuk digambar)”

S: “iya..bentar ya..”(lalu saya menggambar di tempat lainnya)

F: “eeee…ni..ni..”(sambil menunjuk di suatu tempat dan dengan kerasnya dia meminta untuk dituruti kalau saya harus gambar di tempat itu g boleh di tempat lain)

(lalu saya gambar deh bis itu..hm..g bagus sih..tapi lumayanlah dia pun tak menginginkan gambar bagus, hanya ingiin saya menggambar bis)

F: “bis..bis..nih..nih”

S: “loh..lagi??” (dalam hati)

(dengan rada bego, saya pun menggambar lagi)

F: “ni..ni..bis..”(menunjuk tempat lainnya)

terus dan terus...lagi dan lagi..permintaan yang sama...

hanya tempatnya yang beda-beda..

hanya dengan ucapan..”bis..ni..ni..bis..”

saya jadi terpikir sebenernya yang diinginin anak ini beneran suruh gambar bis atau g sih??hahaha..untung kamu masih kecil seperti ini, jadi saya ga mungkin berfikir kalo kamu lagi ngerjain saya. Jadi saya ikuti deh apa yang diminta. Akhirnya saya lelah dan waktu pun semakin sore, kemudian saya putuskan untuk mengakhirinya, dengan membiarkannya berceloteh seinginnya. aAkhirnya dia jenuh senidri dan pergi ke orang tuanya (ho..semoga dia tidak wadul yah..) dan saya pun memfokuskan ke anak-anak lain yang ingin mengaji..Alhamdulillah akhirnya anak-anak semakin banyak yang berdatangan..

2 comments: