Thursday, April 22, 2010

Suka, bukan berarti harus memiliki..

Bismillah..

Pengen banget posting tentang ini, gara-gara aku suka bingung sendiri kalo ditanyain, hobi kamu apa? makanan favorit apa? yang paling kamu sukai apa? dsb..
Bingung soalnya, klo apa-apa yang aku anggep aku suka hal tersebut, tapi ko aku ngerasanya aku tidak begitu mendalaminya dan tidak selalu menggapainya atau berusaha keras untuk dapat memilikinya..
Tapi, tetap saja saya menyukai hal tersebut.. Apakah kalian pun seperti itu teman? atau mungkin, jika kalian benar2 suka berarti ya kalian memberi perhatian lebih pada hal tersebut dan berusaha keras untuk meraihnya?

Saya adalah orang yang ketika ditanya hobinya apa? Kegiatan apa sih yang aku senangi sebenarnya? Sejujurnya dalam hati aku menjawab, aku senang sekaliii ketika sedang menulis, ketika sedang mengambil gambar dan senang ketika sedang membaca buku-buku yang menarik. Tapi.. saya tidak selalu melakukan ketiga hal di atas, jujur saya malah jarang melakukannya. Menulis, buktinya sedikit sekali tulisan saya, bisa dibuktikan dari postingan saya dalam blog ini yang jumlahnya sedikit, itu artinya saya ini emang jarang menulis. Tapi, apakah rasa senang saya ini harus dibuktikan dengan kuantitas? Kalo memang begitu, bisa dikatakan bahwa menulis buaknlah hobiku..

Begitu juga dengan mengambil gambar, saya senang sekali jepret sana jepret sini, tapi saya bukan orang yang selalu mengambil gambar dan memiliki jadwal khusus untuk mengambil gambar. Saya melakukannya, hanya jika saya ingin dan saya rasa perlu. intensitas keseringan saya mengambil gambar juga tidaklah sering, tidak semua event saya abadikan, tidak semua tempat yang saya kunjungi, saya ambil gambarnya, tidak juga saya geluti dengan baik dunia ini agar saya memahami seluk beluknya. Tapi, jujur, saya suka sekali mengambil gambar, hal ini dibuktikan dengan bahwa saya merasa kebahagiaan tersendiri saat sedang mengambil gambar. Tapi kalo pembuktiannya dari jumlah foto dan kualitas foto yang saya peroleh, jauuuuhh sekali rasanya bisa dikatakan sebagi sebuah hobi.

Sama halnya dengan membaca. Bisa dikatakan jumlah buku yang saya baca tidak seberapa banyak, tidak semua buku yang ada di toko buku berusaha ku beli untuk di baca. Apalagi buku pelajaran, tidak semua buku-buku tersebut berhasil ku baca sampai habis dan berulang-ulang. Lalu, apakah itu namanya suka? Suka, tapi ko malah tidak menekuninya. Dalam hati aku selalu bertanya-tanya, apa benar saya ini senang membaca? Tapi, saya kembali berpikir, apa yang saya rasakan ketika saya sedang membaca.. Perasaan senang dan ingin membaca, walau hal tersebut tidak selalu mucul juga sii..

Nah, saya benar2 bingung, saya ga tau lagi kalo gitu apa yang saya senangi, kalau ketiga hal tersebut tidak tergolong kedalam sesuatu yang saya sengani, lalu apa yang saya senangi?
makan? tidur? main? *arrrhghhh..semua itu memang yang paling sering saya lakukan, tapi saya lebih merasakan suatu rutinitas untuk hal-hal tersebut, tidak ada perasaan yang beda saat saya melakukan itu, kecuali makan makanan tertentu bisa menimbulkan kesenangan tersendiri untukku. Nah, hal ini berbeda dengan ketiga hal sebelumnya, menulis, mengambil gambar, dan membaca saya tidak merasakan sebuah rutinitas pada ketiganya, tapi saya merasakan sebuah kebahagiaan ketika sendang menekuninya, sebuah rasa yang berbeda dari kegiatan lainnya..Sehingga saya katakan bahwa saya senang dengan ketiga kegiatan itu dan saya mengatakan itu sebagai hobi saya, hehe..^^

Sebenarnya banyak sekali yang membuat saya dilema seperti ini, tidak hanya ketiga kegiatan tersebut, masih banyak lagi kegiatan-kegiatan lainnya, seperti ngumpul-ngumpul bareng keluarga, bermain bersama anak kecil, berbagi pada sesama, dsb. Dan semuanya itu, bukanlah kegiatan yang sering saya lakukan, tapi kegiatan-kegiatan yang saya senangi dimana ketika saya melakukannya, timbul rasa yang berbeda di hati ini. Oleh karena itu, saya cuma bisa berkata, suka bukan berarti harus memiliki..

*haha..rada g nyambung ya judulnya..tapi, g papa lah.. :D

7 comments:

  1. saya pikir sebelumnya mesti dibedakan dulu antara interest, hobby, and maybe obsession... :D

    ReplyDelete
  2. hehe..iya bener..mungkin pertama tingkatannya interest, setelah itu menjadi hobi, baru obsesi..
    tapi, tahapan saya sebatas interest kali ya..klo ngomongin hobi ya saya bingung, saya anggep sama dengan interest, sama2 berupa minat saya..interest saya ya minat saya, hobi saya..
    klo obsesi, nah itu dia..apa yang menjadi interest saya hampir tidak membuat saya menjadi terobsesi..tapi cukup saya nikmati apa adanya..tidak mencapai tahap 'harus'..
    *hehe..bingung sendiri deh ini..^^

    ReplyDelete
  3. hehe..iya bener..mungkin pertama tingkatannya interest, setelah itu menjadi hobi, baru obsesi..
    tapi, tahapan saya sebatas interest kali ya..klo ngomongin hobi ya saya bingung, saya anggep sama dengan interest, sama2 berupa minat saya..interest saya ya minat saya, hobi saya..
    klo obsesi, nah itu dia..apa yang menjadi interest saya hampir tidak membuat saya menjadi terobsesi..tapi cukup saya nikmati apa adanya..tidak mencapai tahap 'harus'..
    *hehe..bingung sendiri deh ini..^^

    ReplyDelete
  4. Keknya tidur adalah hobi terbaik kita...benar2ditekuni karena murah dan mudah...lebih dari jogging...wkwkwk...C#

    ReplyDelete
  5. hyaaa..jangan2 mpe obsesi tu sama tidur..
    wkwkwk..

    ReplyDelete