Thursday, October 14, 2010

Akhirnya Ketemu Rakun..

Alhamdulillah..akhirnya aku punya hewan peliharaan..kura-kura.. dialah salah satu hewan yang kusuka!!
Pertama kali tertarik dengannya waktu aku SMA, berjumpa dengan kura-kura punya temanku, hwaaa…hewan ini unik sekali! Aku suka cangkangnya, bentuk dan warnanya. Aku langsung tertarik dengannya saat itu. Waktu itu, kura-kura yang kulihat udah gede dan sering dibebasin di dalam rumah. Kemudian, beberapa waktu yang lalu, aku ngeliat sekawanan kura-kura di tempat saudaraku, ternyata ponakan-ponakanku pada melihara kura-kura, jadi pengen. Awalnya kau berpikir, melihara kura-kura itu sulit, jadi aku g terlalu ngincer. Tapi, kemarin saat nganterin temen (baca: luluk) ke pasar ikan karena dia udah terobsesi banget buat punya ikan, yauda deh tak temenin. Eee..aku berjumpa dengan kura-kura dan bertanya banyak ke mas yang menjualnya, jadi tau, kalo memelihara kura-kura itu, tidak sesulit yang aku bayangkan.

Sebenernya, hewan yang paling aku suka adalah kucing, terutama yang berjenis Persia, heuh..lucu pisan pokonya mah. Kucing pemalas!haha.. Tapi, berhubung aku agak sedikit khawatir memelihara kucing karena alesan kesehatan, jadi aku emang g ngoyo buat melihara. Lagi pula, udah ada barrier yang dibentangkan oleh ibuku, bahwa tidak boleh melihara hewan di rumah, apalagi yang suka buang air besar maupun kecil sembarangan!! Tambah makin g mungkin aje aku melihara kucing. Dulu, aku sempat menyatakan keinginanku ini pada ibu secara gamblang, spontan saja ibu langsung melarang dengan keras, “nggaaak!!” no argue. Hweee.. siap bu!!
 
Sebelumnya udah pernah melihara hewan di rumah. Yang pertama, melihara burung perkutut. Ini juga karena waktu itu, tetangga nitipin ke kami, g diambil-ambil, ujug-ujug dikasihinnya ke kami. Jadi, mau g mau, ibu mau deh melihara. Lagi pula, ayah yang ngurusin, ibu mana mau. Hehe.. Dulu pas masih SD, aku suka ngasih makan juga sama ngeliatin burungnya. Tapi, sekarang ntah kemana, mungkin mati, mungkin dikasihin, mungkin terbang. Tapi, sepertinya bukan karena mati, keknya dikasihin ke orang lain lagi.

Yang kedua, melihara ikan! 2 ekor Ikan Lohan, ikan lohan ini suka tarung, mirip ma ikan cupang, makanya dipeliharanya satu akuarium tapi dipisahin dengan kaca pembatas. Pernah salah satunya loncat, akhirnya tarung dan sedikit luka-luka. Alhamdulillah segera ketahuan, jadi segera diantisipasi. Melihara Lohan ini atas inisiatif kakakku yang kedua, dia beli pas masih kuliah, eh terus dibawa pulang! Jadi diperlihara di rumah deh! Tapi aku senang, jadi ada temen main di rumah. yang ngurusin si ayah, aku cuma ngasih makan, ngeliatin mereka muter-muter, sama gangguin mereka. Aku paling suka, ngedeketin akuariumnya, terus ngagetin ikannya, mereka jadi mempercepat gerakan dan menjauh. Haha.. senang deh.. *haduuu..jangan-jangan aku ada bakat psikopat lagi? Hwaaa.. Tapi, aku sama sekali tidak menginginkan kematian mereka kok.. :(( Pada suatu hari, salah satu Lohannya mati, g berapa lama kemudian yang satunya nyusul. Hwaa.. beneran deh.. kerasa banget sepinya waktu itu. Gda yang diliatin lagi, juga gda yang digangguan dan dikagetin lagi.

Dan sekarang, aku melihara hewan lagi, kura-kura, namanya Rakun. Awal mulanya pengen dikasih nama ‘raku’, kan rakurakura, jadinya kura-kura, tapi kok ngomongnya rada ngganjel, akhirnya kukasih akhiran ‘n’, jadilah rakun. Ternyata rakun kan nama hewan jenis lain, “raccoon” jenis mamalia kek tupai bermata item. Hah! Taukah teman, apa kebiasaan si rakun ini? dia senang sekali memanjat-manjat, kalo g lagi tidur dia pasti membuat keributan, seolah-olah dia ingin kabur, tapi tak sanggup. Gini posenya.. (sayangnya ngeblur..)

Dia berdiri dengan 2 kaki belakangnya, kemudian dia mepetin ke kaca, lalu berusaha untuk manjat tapi g sanggup, akhirnya dia jendor-jendorin cangkang bagian bawahnya kekaca akuariumnya. Hoho..rakun.. aku takut kamu malah jadi kesakitan dan stress. Padahal aku telah member tempat untukmu manjat, cangkang keong hijau. Kalo mau manjat, di atas itu aja yah..kan lebih gagah keliatannya..


Lalu, aku certain kelakuan si rakun ini ke temanku, dan dia malah berkata, “tuh kan ma, ganti nama sana! Kasian si rakun, dia pasti depersonalisasi, dia bingung sebenernya kura-kura atau rakun, makanya dia suka manjat-manjat gitu.” Aaaargh..jangan..rakun udah imut namanya. Kan beda tulisannya, “raccoon” dengan rakun, kalo kura-kura ku itu namanya rakun, r-a-k-u-n.

Waktu sebelum membelinya, saya interogasi si mas-mas yang ngejual. Saya Tanya macem-macem, mulai dari, repot g, gimana ngurusnya, makannya apa, airnya semana, apa aja yang dia butuhin, dsb. Tapi aku malah lupa nanya, dia kura-kura jenis apa? Hehe.. setelah sercing gambar kura-kura, ternyata dia sangat mirip dengan kura-kura brazil! Hoho..


Rakun ini doyan sekali tidur..saat ku menulis ini pun dia sedang terlelap. Mpe aku khawatir, sebenernya dia maish hidup g sih, hwaaa… Kalo kumat isengnya, pasti akuarium mini tempat tinggal rakun ini, aku goyang-goyangin, biar bangun, terus biasanya dia langsung garuk-garuk dinding akuarium ingin melarikan diri keluar, haha.. *nakal ya aku.. Tapi, seringnyadia Cuma bangun bentar, abis itu tidur lagi, huuuu..dasar rakun..

*Rakuuuun..semoga kamu g stress ya hidup bersamaku..semoga kamu betah menemaniku hingga..hm..hingga...hm..hingga kapanpun deh..yang pasti yang lama ya..
 

10 comments:

  1. iya..ternyata kura-kura brazil..
    bentuk cangkangnya kerenan kura-kura matahari ternyata, tapi motifnya kura-kura brazil bagus..blm pernah liat jenis kura-kura matahari scr langsung, keliatannya lebih unik..

    ReplyDelete
  2. tp waktu itu yg plg mahal malah bulus...tempurung hitam.C#

    ReplyDelete
  3. hoo..banyak juga jenisnya..
    yang paling banyak dijual sepertinya jenis brazil..ditempat aku beli cuma ada jenis brazil..

    ReplyDelete
  4. AMIN... tapi jujur, agak pesimis... soalnya yang sesama manusia aja sering stres hidup sama ima =P

    wakwakwakwak!

    ReplyDelete
  5. wkwkwk..ah tegaaaaa..*yang penting kamu bahagia kan luk menjadi temanku selama ini? g pernah stres to? hihihihi....

    ReplyDelete
  6. hmm... jujur ya ma... agak tertekan... =D

    ReplyDelete
  7. haha..'agak' kan luk..brti bnyak senengnya..hayo ngaku!! gis*a aja mngakui kl aq sbg reliever n controller buat dia.. hihi.. :))

    ReplyDelete
  8. inget mba, kata Prof, obat itu juga racun! kamu kan 'jendela terapinya' sempit =P

    ReplyDelete
  9. haha..dasar lukseee..
    tapi Alhamdulillahnya masih sll dlm batas dosis yg dianjurkan..blm pernah nyampe ke dosis toksik..hihi..

    ReplyDelete