Sunday, October 17, 2010

[SumBar] "the Journey to Bukit Tinggi"




Bukit tinggi ini adalah salah satu kota/kabupaten yang terletak di prov. Sumatra Barat..
Ada lagu minang yang sering kudengar karena selalu disetel ayah dan ibu
"bukit tinggi koto rang agam.. yo andam oi.."
dari lagu ini, aku jadi tau kalo penduduk asli bukit tinggi adalah orang agam, awalnya aku tidak mengerti, tapi kemusian dijelasin sama ayah, bahwa agam itu emang sebutan untuk orang asli sana..hooo..baru mudheng..kirain nama apaan..

suka keindahan bukit tinggi..bukit tinggi ini kawasan kaki gunung di prov. sumbar ini..
kemarin, diceritain uni, jadi bukit tinggi ini kota yang diapit oleh 2 gunung, yaitu gunung merapi dan gunung singgalang..dan ditengah2nya itu berdiri kota bukit tinggi.
hoooo...*baru tauuu..

di bukit tinggi ini, khasnya juga ada 'nasi kapau', sebelum mencoba, aku g terpikir apapun untuk membayangkan wujud nasi kapau ini..ternyataaa..nasi kapau ini kek nasi ramesnya padang gitu..*cukup tau aja deh klo gitu..

baru tau juga..ternyata di bukit tinggi ini ada makanan khasnya..yaitu itik cabe ijo.. enaaaakk deh.. *recomended buat dicobaaa, hehe..
*itik itu bebek..

di bukit tinggi objek wisatanya, ada lembah anai, air terjun dipinggir jalan, persis di pinggir jalan..ini nih yang bikin macet kalo lagi liburan kek lebaran ini..*objek wisata di pinggir jalan, mobil parkir gda tempat, makan badan jalan deh, padahal jalan pas-pasan hanya untuk 2 lajur dari arah berbeda, ya nyumbat deh, bikin trombus, ditambah alirannya yang makin banyak, ya pasti bikin macet deh..

selain itu, ada jam gadang, istana bung hatta, pasar di ateh, ngarai sianok, lubang jepang, terus benteng 'apa ya namanya..lupa..hihi'
berbeda dengan kampung ku pesisir selatan, di sini objek wisata sudah dilakukan pemeliharaan dan dipublikasikan..makanya orang-orang rame mengunjunginya..

ini link beberapa foto objek wisata ayng ada di bukit tinggi:

http://imadr.multiply.com/photos/album/100/SumBar_Bukit_Tinggi_Jam_Gadang-Istana_Bung_Hatta

http://imadr.multiply.com/photos/album/102/SumBar_Bukit_Tinggi_Ngarai_Sianok-Goa_Jepang

23 comments:

  1. pernah sekali singgah ke Bukit Tinggi lalu dijamu dgn lauk belut goreng bersambal ... sangat enak!

    ReplyDelete
  2. wah..saya belum pernah makan belut goreng bersambal..sepertinya enak..*nyam nyam.. :)
    dalam rangka apa pak ke bukit tinggi? bapak asli sumatera barat?

    ReplyDelete
  3. saya kelahiran Malaysia , moyang kedua belah ibu & ayah dari SumBar ( tahun 1860 ) ... khususnya dari Kabupaten Pasaman , Kecamatan Rao . Lokasi Rao ini kalau dari Bukit Tinggi , perlu mengarah ke Kumpulan ..Bonjol ... seterusnya Lubuok Sikaping . Keluarga dekat seperti mamak , anak saudara & 3 sepupu masih ramai disana .

    ReplyDelete
  4. lebaran hari pertama hunting foto di Jam Gadang malam-malam. wiiih.. banyak kembang api dengan latar Jam Gadang. kereeeeen :D tapi belum diposting fotonya :D

    makan pical, pensi dan pisang bakar di Pasar Ateh :D

    ReplyDelete
  5. oh, masih keturunan minang ya pak..
    warga minang yang merantau ke malaysia..
    mirip dengan keluarga ibu saya, tapi ibu saya kembali lgi ke indonesia dan jadi warga indonesia permanen, hehe..
    keluarga ibu beberapa menetap di sana..

    ReplyDelete
  6. iya ka..kalo malem banyak kembang apinya...
    saya mengejar waktu, jadi hanya beberapa jam saja di sana..

    ayooo ka di posting..pasti bagus2..hehe.. :)
    kalo dari solok ke bukit tinggi berarti lewat sitinjau lauik ya ka? *saya suka tuh lewat sana, tapi menyeramkan jalannya.. hehe..

    wah..kalo pical saya makan di kampung saya ka, sepuasnya, bikinan sepupuku sendiri soalnya, enak banget..
    pensi apa ya ka? blm pernah tau.. hehe..

    ReplyDelete
  7. Memang ramai keturunan yg telah merantau keserata pelusuk rantau Nusantara ini ... Yg terpentingnya , jgn lah lupa asal usul keturunan sendiri ...

    Kalau menurut maklumat keluarga di Rao , Pasaman ... Rao bukan Minang . Minang sukunya ramai menetap di sebelah Bukit Tinggi dan seterusnya bahagian mengadap Padang , Sawah Lunto , Solok ( Dharmasraya ) dan Tanjung Emas ( pagaruyung ) . sementara dikaki Bukit Tinggi yg satu lagi iaitu Bonjol , Kumpulan , Panti , Lubuok Sikaping , Pasaman & Mapat Tunggul ramai didiami kelompok Rao , Mandailing & Batak .

    Bertitik tolak dari maklumat asas ini ... etnik Rao di Malaysia juga menggelarkan nama etnik sebagai Rao @ Rawa dan bukannya Minang .

    ReplyDelete
  8. saya baru tau, ternyata Rao itu nama etnik sendiri yang berbeda dengan Minang..
    berarti Sumatra Barat tidak bisa diidentikkan dengan suku minang kabau saja ya pak..hm..iya pak..mohon maaf kalau gitu..
    saya memang tidak begitu paham sejarah dan budaya..hehe.. :)
    terima kasih..

    ReplyDelete
  9. Kenyataan sdr juga benar ... masa kini selepas kemerdekaan Indonesia , sememang nya di SumBar , semua kaum diidentikkan dengan nama satu bangsa iaitu Bangsa Minangkabau . namun di dalam mengkaji asal usul etnik , ada kalanya masa itu perlu di bahagi mengikut peristiwanya , contohnya di Sumatera pada tahun sebelum penjajahan Belanda ...ia lain , semasa penjajahan Belanda , juga lain dan akhirnya selepas kemerdekaan juga lain ....

    Contoh termudahnya ialah , sebelum penjajahan Belanda ..sempadan Sumatera Barat belum ada tetapi dulu dikenali sebagai Sumatera Tengah dan luasnya Sumatera Tengah ketika itu meliputi Sumatera Barat kini dan sebahagian besar Propinsi Riau kini ( Sumatera Tengah dulu memang luas ) dan orang Rao zaman dulu mengistilahkan sebagai " dari lauik ko lauik " iaitu dari pantai Air Bangis di Barat sehingga pantai Riau di Timurnya .... Sebelum penjajahan Belanda juga istilah Bangsa Minangkabau ini belum ada dan hanya selepas penjajahan , barulah di gelar dan identikkan semua etnik dgn nama Minangkabau ..

    ReplyDelete
  10. suku Minang ini memang dah ada sebagai suku tersendiri ... cuma suku lain termasuklah Rao berdiri sebagai etnik sendiri . Itulah kenyataan nya sejak sebelum kedatangan Belanda .. bila penjajah masuk saja , berbagai hal mereka lakukan untuk mengaburkan sejarah ...terutamanya kepada etnik Rao dan etnik lainnya yg secara keras menentang penjajah Belanda di dalam Perang Padri yg di pimpin oleh Tuanku Imam Bonjol ( dari Bonjol ) , Tuanku Rao ( dari Padang Mentinggi , Rao ) dan Tuanku Tambusai ( dari Rokan ) ...

    ReplyDelete
  11. oh..begitu y.. terima kasih untuk penjelasannya.. :)

    ReplyDelete
  12. ngga lewat Sitinjau Lauik kalo ke Bukittinggi mah. tapi lewat Danau Singkarak. nah kalo ke Padang, baru lewat Sitinjau Lauik :)

    ReplyDelete
  13. semacam kerang2 kecil gitu. enak. coba aja

    ReplyDelete
  14. kembali ..
    tapi jgn terlepas merasa sambal belut goreng yah ..memang enak skali ...

    ReplyDelete
  15. masih g kebayang..hehe..
    klo kerang tu lokan kan namanya ka?
    oke deh, bsk2 kl main ke sumbar lagi, diusahakan buat nyobain, hehe.. :)

    ReplyDelete
  16. hweee..iya..yang ini juga..sambal belut goreng..
    *jadi makin pengen buat ke sumbar lagi..hehe.. :)

    ReplyDelete

  17. kedai makan yg pernah saya lawati di Padang Panjang ..makanannya boleh diulang ..

    ReplyDelete
  18. punya banyak foto2 padang juga mbak dari ade maya.hehe...

    2x batal ke padang. terakhir 2 tahun yang lalu. padahal dah siap banget.. hiks' ternyata ada kuliah Traumatologi yg ga bisa ditinggalkan.. hhehe..

    ini salah satunya.. ^^
    *ikutan share photo..hihi

    ReplyDelete
  19. *ade maya yang paling gendut.. hihi :D

    ReplyDelete
  20. di sini kah pak yang jual belut goreng sambal lado itu?

    ReplyDelete
  21. iya maya..monggo..

    dalam rangka apa adik maya ke padang? acara kampus ya?
    ada di foto maya yang lebaran itu bukan..
    siapa namanya may?

    wah..semoga besok-besok bisa sempat mengunjungi sumbar ya may..
    jangan cuma padang, karena padangnya mah biasa aja..yang keren itu sumbarnya..kota-kota lainnya disekeliling padang may..hehe..

    *aku juga pengen ke sulawesi..hehe..

    ReplyDelete
  22. Iya ..lokasinya di Padang Panjang , antara lembah anai & bukit tinggi ..kedai makan Sambalado sudah amat hampir dgn pekan bukit tinggi . Ada pelbagai lauk pauk tapi kebanyakannya dari sumber ikan air tawar .

    ReplyDelete